PENGARUH BIMBINGAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 PANEKAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Sulistyowati, Utari Tri (2022) PENGARUH BIMBINGAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 PANEKAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180458_UTARI TRI SULISTYOWATI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan Orangtua, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar

Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam harus didukung oleh lingkungan yang terdapat disekitarnya. Baik lingkungan keluarga, sekolah ataupun masyarakat. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam akan meningkat jika lingkungan sekitar peserta didik ini memberikan dukungan yang positif. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPN 2 Panekan, hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran agama Islam masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari laporan hasil belajar peserta, yakni jumlah peserta didik yang belum mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal kurang lebih sebanyak 50-70 orang. Sementara bimbingan orang tua dan lingkungan teman sebaya cukup mendukung dalam pencapai hasil belajar yang maksimal.
Penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana bimbingan orangtua di SMPN 2 Panekan Magetan; (2) Untuk mengetahui bagaimana lingkungan teman sebaya di SMPN 2 Panekan Magetan; (3) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar anak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Panekan Magetan; (4) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan orangtua terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMPN 2 Panekan Magetan; (5) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMPN 2 Panekan Magetan; (6) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan orangtua dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar anak pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Magetan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Metode ini digunakan untuk melihat seberapa besar pengaruh variable independen terhadap variable dependen. Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Panekan ini dilakukan pada kelas VII dan VIII dengan jumlah populasi 150 siswa dengan sampel 105 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan kuisoner dan dokumentasi. Kuisioner untuk variabel bimbingan orangtua dan lingkungan teman sebaya, sedangkan dokumentasi untuk hasil belajar pendidikan agama Islam di SMPN 2 Panekan Magetan. Setelah data terkumpul dianalisis dengan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS-25.
Penelitian menghasilkan; (1) Bimbingan orangtua di SMPN 2 Panekan pada kategori sedang dengan presentase 87,33%; (2) Lingkungan teman sebaya di SMPN 2 Panekan pada kategori sedang dengan presentase 82,67%; (3) Hasil belajar anak di SMPN 2 Panekan pada kategori sedang dengan presentase 82,67%; (4) Bimbingan orangtua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan presentase 6,6%; (5) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan presentase 35,8%; (6) Bimbingan orangtua dan lingkungan teman sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan presentase 36,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:36
Last Modified: 27 Jun 2022 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20044

Actions (login required)

View Item View Item