Gaya Bahasa Dakwah Habib Husein Ja'far Dalam VIdeo Youtube "Palestina dan Israel bukan Konflik Agama"

Arrifah, Fazarrina Zanuba (2022) Gaya Bahasa Dakwah Habib Husein Ja'far Dalam VIdeo Youtube "Palestina dan Israel bukan Konflik Agama". Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
fazarrina skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fazarrina Zanuba Arrifah, 2022. Gaya Bahasa Dakwah Habib Husein Ja’far dalam Video YouTube “Palestina dan Israel Bukan Konflik Agama”. Skripsi. Jurusan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Isalam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Dr. Ahmad Choirul Rofiq, M. Fil.I.

Kata Kunci : Gaya Bahasa Dakwah, Habib Husein Ja’far, Media YouTube

Dakwah merupakan bagian dari agama Islam yang sangat penting. Baik yang muslim maupun non-muslim, agar dakwah seorang dai dapat diterima di kalangan masyarakat hendaknya seorang dai mempelajari dan mengetahui cara berdakwah yang baik dan benar terutama dalam gaya bahasa dalam berdakwah sebab gaya bahasa seorang dai mempengaruhi minat pendengar. Contohnya dakwah yang disampaikan Habib Husein Ja’far yang memiliki banyak pengikut di akun media sosial YouTube.
Skripsi ini meneliti sebagai berikut: (1) Bagaimana pilihan kata dalam video “Palestina & Israel bukan Konflik Agama?” yang digunakan Habib Husein Ja’far dalam dakwahnya? (2) Bagaimana nada suara dalam video “Palestina & Israel bukan Konflik Agama?” yang digunakan Habib Husein Ja’far dalam dakwahnya? (3) Bagaimana struktur kalimat dalam video “Palestina & Israel bukan Konflik Agama?” yang digunakan Habib Husein Ja’far dalam dakwahnya?. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh data. Kemudian observasi dengan cara mengamati video dakwah Habib Husein Ja’far di YouTube dan dokumentasi berupa profil Habib Husein Ja’far. Setelah memperoleh data, data tersebut dianalisis menggunakan analisis model Miles dan Huberman
Setelah memperoleh data dan dianalisis, hasil penelitian ini yaitu: (1) Gaya bahasa dakwah Habib Husein Ja’far berdasarkan pilihan kata, beliau menggunakan hampir semua pilihan kata. Mulai dari gaya bahasa resmi, tidak resmi dan percakapan tetapi yang paling dominan Habib Husein Ja’far menggunakan gaya bahasa tak resmi dan percakapan (2) Gaya bahasa berdasarkan nada suara menggunakan bahasa mulia dan bertenaga (3) gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat Habib Husein Ja’far banyak menggunakan gaya bahasa klimaks, antiklimaks dan antitesis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:22
Last Modified: 27 Jun 2022 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20040

Actions (login required)

View Item View Item