Penerapan Budaya 5S Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Sosial Siswa Di MTs Al-Azhar Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo

Puspitasari, Ardiana (2022) Penerapan Budaya 5S Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Sosial Siswa Di MTs Al-Azhar Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180058_ARDIANA PUSPITASARI-TIPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ardiana Puspitasari, 2022. Penerapan Budaya 5S Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Sosial Siswa di MTs Al-Azhar Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S. Ag., M. Si.
Kata kunci: Budaya 5S, Pembelajaran IPS, Penguatan Karakter Sosial
Guru adalah seseorang yang memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik, membimbing, mengarahkan, memberi teladan yang baik di lingkungan sekolah untuk dapat mengubah perilaku siswa. Kemunduran karakter sosial banyak terjadi pada siswa. Oleh sebab itu, lembaga sekolah/madrasah memberikan tindakan melalui penerapan budaya 5S dalam pembelajaran IPS sebagai penguatan karakter sosial di MTs Al-Azhar Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini bertujua: 1) untuk mengetahui penerapan budaya 5S dalam pembelajaran IPS sebagai penguatan karakter sosial siswa di MTS Al- Azhar Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo; 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapkan budaya 5S guna memperkuat karakter sosial pada siswa; 3) untuk mengetahui hasil penerapan budaya 5S di dalam pembelajaran IPS sebagai penguatan karakter sosial siswa di MTs Al-Azhar Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Informan penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, guru IPS kelas VIII, siswa kelas VIII Madani. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman ada 3 yakni: Reduksi data, penyajian data dan Verification atau penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan budaya 5S dalam pembelajaran IPS guna memperkuat karakter sosial siswa meliputi kegiatan pembiasaan. Dalam membiasakan siswa menerapkan budaya 5S tidak terlepas dari bimbingan dan keteladanan/contoh yang dilakukan guru dalam menerapkan budaya 5S agar ditiru oleh siswa. Penerapan budaya 5S ini membawa pengaruh yang positif pada sikap dan perilaku siswa. Hal ini menandakan bahwa penerapan budaya 5S dalam pembelajaran IPS dapat memperkuat karakter sosial siswa di MTs Al-Azhar (2) Adapun faktor pendukung dan penghambatnya yakni tidak terlepas dari sumber daya guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yang selalu memberikan motivasi, arahan, bimbingan, keteladanan, dalam membiasakan siswa untuk menerapkan budaya senyum, sapa, salam, sopan, santun. Selain faktor pendukung terdapat faktor penghambat penerapan 5S diantaranya dipengaruhi oleh pertama, faktor internal yakni terdapat siswa yang belum sepenuhnya dengan rutin menerapkan budaya 5S. kedua faktor eksternal yakni lingkungan siswa bermain, tumbuh dan berkembang. (3) Hasil dari penerapan budaya 5S didalam pembelajaran IPS ini dapat memperkuat karakter sosial pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya perubahan perilaku siswa yang mengarah pada hal yang diinginkan. Adanya penerapan budaya senyum, sapa, salam, sopan, santun tersebut dapat memperkuat karakter sosial pada indikator penguatan karakter sosial yang dicapai yakni kemampuan siswa dalam bekerjasama, toleransi, menghargai dan menghormati, kepedulian dan solidaritas diantara siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:32
Last Modified: 27 Jun 2022 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20031

Actions (login required)

View Item View Item