IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA BAKTI PONOROGO

Hayuningtiyas, Harni (2022) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA BAKTI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI A5 HARNI H 201180326 PAI .pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar jam pembelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler ini dapat meningkatkan minat dan bakat, dan dapat mengembangkan keterampilan dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Islamic baording school merupakan sebuah sekolah yang memiliki asrama dimana peserta didik tinggal sampai masa studinya selesai, dengan menjalankan perintah agama yang baik, sopan, dan santun.
Tujuan penelitian ini untuk: 1) untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA Bakti Ponorogo, 2) untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Islamic baording school dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMA Bakti Ponorogo, 3) untuk menganalisis perubahan program Islamic baording school dalam peningkatan karakter religius di SMA Bakti Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Ustadz (Guru Pendidikan Agama Islam, pengasuh pondok bakti Ummah), dan Siswa-siswi SMA Bakti Ponorogo. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, Penyajian data, Kondensasi data, dan Kesimpulan penarikan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) Kegiatan ekstrakurikuler SMA Bakti Ponorogo disesuaikan dengan bakat dan minat peserta didik, 2) Pada kegiatan ekstrakurikuler Islamic baording school memiliki tujuan untuk mencetak generasi muda yang Islami, dapat membentuk kedisipilan, dan menciptakan generasi yang berakhlakul karimah, 3) untuk mengetahui perumbahan pesrta didik dlam meningktakan karakter religius yang mereka miliki dalam diri mereka masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:31
Last Modified: 27 Jun 2022 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20030

Actions (login required)

View Item View Item