Pemikiran Pendidikan Akhlak Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuhal Walad Dan Relevansinya Dengan Materi Pendidikan Akhlak Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Mentari, Rahma Farihta Sekar (2022) Pemikiran Pendidikan Akhlak Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuhal Walad Dan Relevansinya Dengan Materi Pendidikan Akhlak Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180184_Rahma Farihta Sekar Mentari_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mentari, Rahma Farihta Sekar. 2022. Pemikiran Pendidikan Akhlak Imam al-Ghazali dalam Kitab Ayyuhal Walad dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Akhlak pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dr. H. Agus Tricahyo, M.A.

Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Imam al-Ghazali, Kitab Ayyuhal Walad
Pendidikan akhlak merupakan salah satu upaya penting yang dapat dilakukan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan Islam. Karena baik dalam pendidikan akhlak maupun pendidikan nasional, seorang peserta didik itu dibentuk untuk menjadi pribadi yang berakhlak mulia atau berbudi pekerti yang luhur. Dan hal ini pun dapat dimulai dengan yang paling mendasar, yakni memberikan materi pendidikan. Sebab untuk dapat beramal dengan baik, seseorang itu harus mengetahui ilmunya terlebih dahulu. Imam al-Ghazali merupakan salah satu tokoh pendidikan Islam yang berperan dalam membina akhlak peserta didik. Melalui kitab Ayyuhal Walad, al-Ghazali memberikan nasihat yang berharga kepada kaum pelajar agar mereka mengamalkan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki dan memperindah akhlak dalam diri dengan mujahadah an-nafs.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kandungan materi pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuhal Walad karya Imam al-Ghazali, (2) mengetahui materi pendidikan akhlak pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMP, dan (3) mengetahui relevansi pemikiran pendidikan akhlak Imam al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad dan relevansinya dengan materi pendidikan akhlak pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMP.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research dan pendekatan analisis konten atau content analysis, yakni penelitian yang dilakukan dengan menganalisis isi data dalam suatu dokumen, buku, dan lainnya yang kemudian dijabarkan ke dalam pola-pola tertentu. Sementara itu, data yang digunakan berasal dari 2 sumber yaitu sumber data primer dan sekunder.
Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat relevansi antara pemikiran pendidikan akhlak Imam al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad dengan materi pendidikan akhlak pada mapel PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMP, diantaranya yaitu: (1) menghormati orang tua, guru, dan orang lain, (2) istiqamah, (3) amanah, (4) ikhlas dan jujur, dan (5) berbuat baik terhadap manusia dan empati. Seluruh bentuk akhlak tersebut dapat diwujudkan melalui berbagai pengajaran ilmu pengetahuan, latihan, dan pembiasaan yang dilakukan dengan kesungguhan dan mengharap ridha Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:29
Last Modified: 27 Jun 2022 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20025

Actions (login required)

View Item View Item