Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 0-18 Bulan Di Desa Somoroto Kauman Ponorogo

Wicaksana, Muhammad Andita (2022) Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 0-18 Bulan Di Desa Somoroto Kauman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
205180047 MUHAMMAD ANDITA W PIAUD.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wicaksana, Andita, Muhammad, 2022. Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Desa Somoroto Kauman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Safiruddin Al Baqi, M.A.
Kata kunci: Peran Orang Tua, Anak Usia Dini, Motorik Kasar
Perkembangan motorik kasar adalah keterampilan yang melibatkan aktivitas otot-otot besar seperti berjalan sendiri dengan mudah, berdiri sendiri dengan mudah, berjalan menggunakan kursi atau meja untuk penopang, bangkit sendiri secara mandiri, berdiri dengan penopang, duduk tanpa penopang, menopang sebagai berat dengan kaki, berguling, terungkap, mengangkart dada, mengangkat kepala
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanperan orang tua dalam mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar anak usia 0-18 bulan Di Desa Somoroto dan juga menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar anak usia 0-18bulan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan untuk jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, wawancara 5 orang tua dan observasi 5 anak usia dini dan dokumentasi 5 foto
Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa:(1) peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar anak usia 0-18 bulan di Desa Somoroto Kauman Ponorogo dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar anak usia dini disesuaikan dengan tahapan-tahapan dalam perkembangkan motorik kasar yang dimiliki. Orang tua membantu kemampuan motorik kasar dengan memegang atau membenarkan posisi anak ketika merangkak, mengangkat kepala, tengkurap, duduk, berdiri, berjalan. Orang tua memantau dari jarak dekat ketika anak berlatih berguling.(2) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambatFaktor pendukung dalam perkembangan motorik kasar anak usia 0-18 bulan yaitu penggunaan alat yang dapat merangsang perkembangan motorik kasar, seperti baby walker, kursi, meja, bola, bantal dan tong sampah.Sedangkan faktor penghambat dalam mengembangkan motorik kasar adalah adalah kurang nya ilmu pengetahuan orang tua terkait perkembangan anak yang mengakibatkan anak selalu di gendong dan kurangnya kesempatan anak untuk bermain Hal tersebut dapat menghambat perkembangan motorik kasar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:28
Last Modified: 27 Jun 2022 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20023

Actions (login required)

View Item View Item