Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas VII MTsN 1 Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022

Fitrianingrum, Dewi (2022) Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas VII MTsN 1 Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180055_DEWI FITRIANINGRUM_PAI.pdf

Download (896kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fitrianingrum, Dewi. 2022. Pengaruh Kompetensi Sosial Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlak pada Siswa Kelas VII MTsN 1 Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ju’Subaidi, M.Ag.
Kata Kunci: Kompetensi sosial guru, Lingkungan keluarga, Motivasi belajar
Motivasi belajar merupakan dorongan yang mengarahkan seseorang untuk belajar. Adanya motivasi dapat mengoptimalkan proses belajar. Realita saat ini banyak siswa yang belum memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya dukungan dari orang di sekitar serta kurang kondusifnya lingkungan sekitar siswa, baik ketika di sekolah maupun di rumah. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VII MTsN 1 Madiun, siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak. Hal ini terbukti saat pembelajaran siswa tidak aktif ketika di kelas dan terlambat dalam mengumpulkan tugas. Oleh karena itu, dukungan dari guru dan lingkungan keluarga menjadi penting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kompetensi sosial guru akidah akhlak kelas VII di MTsN 1 Madiun; (2) mengetahui lingkungan keluarga siswa kelas VII MTsN 1 Madiun; (3) mengetahui motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VII MTsN 1 Madiun; (4) mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VII MTsN 1 Madiun; (5) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VII MTsN 1 Madiun; (6) mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VII MTsN 1 Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 283 siswa, dengan sampel 155 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi sosial guru akidah akhlak dalam kategori sedang, dengan prosentase sebesar 76,8%. (2) Lingkungan keluarga siswa masuk kategori sedang, dengan prosentase sebesar 72%. (3) Motivasi belajar akidah akhlak siswa masuk kategori sedang, dengan prosentase sebesar 75%. (4) Kompetensi sosial guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VII di MTsN 1 Madiun, dengan prosentase sebesar 16%. (5) Lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VII di MTsN 1 Madiun, dengan prosentase sebesar 23,1%. (6) Kompetensi sosial guru dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VII di MTsN 1 Madiun, dengan prosentase sebesar 28,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:24
Last Modified: 27 Jun 2022 01:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20016

Actions (login required)

View Item View Item