..(LENGKAPI SCAN LEMBAR PENGESAHAN DENGAN TTD DAN SETEMPEL, LEGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, TAMBAHKAN WATERMARK SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)... MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Kasus di SMAN 1 Sambit Ponorogo)

Ibrahim, Maulana Malik (2022) ..(LENGKAPI SCAN LEMBAR PENGESAHAN DENGAN TTD DAN SETEMPEL, LEGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, TAMBAHKAN WATERMARK SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)... MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Kasus di SMAN 1 Sambit Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211217042_Maulana Malik Ibrahim_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ibrahim, Maulana Malik. 2021. Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Sambit. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya. M.Pd.I

Kata Kunci: Manajemen, Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Rendahnya mutu pendidikan yang disebabkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, sehingga dibutuhkan SDM dilingkup sekolah yang berkualitas. Supervisi manajerial hadir sebagai kegiatan yang dimulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi. Dalam hal ini, guru merupakan faktor utama dalam meningkatkan dunia pendidikan, sebab tanpa adanya guru tujuan pendidikan tidak akan tercapai.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui lebih dalam perencanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. (2) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. (3) untuk mengetahui bagaimana evaluasi dan tindaklanjut supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru.

Penelitian ini dirancang dengan metode kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sambit. Penelitian ini turut menggunakan metode wawancara dengan narasumber guna memperjelas proses penelitian.

Berdasarkan analisis data di temukan bahwa perencanaan supervisi kepala sekolah, melalui program supervisi yang didalamnya terkandung tujuan supervisi, rencana, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi refleksi, rencana tindak lanjut, dan menyusun jadwal supervisi seluruh guru mata pelajaran. Adapun pelaksanaan supervisi meningkatkan kinerja guru melalui berbagai macam kegiatan seperti Pra Observasi, Observasi, Pasca Observasi. Evaluasi dan tindaklanjut bertujuan meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Sambit telah melaksanakan beberapa kegiatan yang baik untuk menunjang kemajuan dan perkembangan seperti memberikan pembinaan secra langsung berupa memberikan pembinaan dan saran kepada guru ketika diras metode pembelajaran kurang baik, dan memberikan pembinaan secara tidak langsung berupa mendiskusikan hasil supervisi dengan guru yang sudah disupervisi, menugaskan guru untuk mengikuti diklat, pembinaan, atau kegiatan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:23
Last Modified: 27 Jun 2022 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20015

Actions (login required)

View Item View Item