Analisis Persepsi dan Motivasi Orang Tua dalam Menentukan Pendidikan Dasar di Parang Magetan

Putri, Karisma (2022) Analisis Persepsi dan Motivasi Orang Tua dalam Menentukan Pendidikan Dasar di Parang Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180255_KARISMA PUTI _THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Putri, Karisma. 2022. Analisis Persepsi Dan Motivasi Orang Tua Dalam Menentukan Pendidikan Dasar Di Parang Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Isalam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hestu Wilujeng, M.Pd.

Kata Kunci: Persepsi, Motivasi, Pendidikan dasar
Orang tua memiliki cara berbeda dalam mendidik anak. Begitu juga dalam mencari lembaga pendidikan, tentu saja orang tua memiliki kecenderungan yang berbeda. Di Parang, terdapat 32 Taman Kanak-kanak (TK) dan rata-rata orang tua lebih memilih pendidikan bagi anak pada Madrasah Ibtidaiyah (MI). Hal ini dikarenakan mereka beranggapan apabila anak-anak di sekolah berbasis islam pelajaran tentang agama akan lebih intensif dan berfokus pada pembentukan karakter islami seperti, patuh kepada orang tua dan guru, jujur, taat beragama, dan mampu menghafal surah-surah pendek. Namun ada pula orang tua yang memilih Sekolah Dasar (SD) sebagai pilihan dalam pendidikan bagi anak mereka karena beranggapan bahwa sekolah umum lebih mempunyai masa depan yang cemerlang dari pada anak yang sekolah agama, jarak dari rumah yang dekat, ekonomi dan lain-lain.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganaslisi persepsi orang tua siswa dalam menentukan pendidikan dasar di Parang, Magetan (2) menganaslisi motivasi orang tua orang tua siswa dalam menentukan pendidikan dasar di Parang, Magetan.
Penelitian ini dirancang dengan mengunakan pendekataan campuran (Mix methods) dengan desain embedded jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data pada penelitaian ini mengunakan model interaktif Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneilitian ini di laksanakan di TK Nurul Huda dan TK Nurul Islam dengan informan 11 orang tua di TK Nurul Huda dan 20 orang tua di TK Nurul Islam.
Berdasarkan analisis data ditemukam bahwa (1) Persepsi orang tua dalam menentukan pendidikan dasar di Parang Magetan, sebagain orang tua memilih pendidikan dasar di sekolah berbasis agama, dan apabila dimasukan di sekolah berbasis umum tetap di masukan ke TPA agar anak juga dapat mendapatkan pendidikan agam tentaang akhlak yang baik bagi anak di masa depan. Hal itu diakibatkan karena adanya perhatian, harapan kebutuhan, sistim nilai serta ciri kepribadian yang berbeda antara seseorang dengan orang lain dalam memandang suatu objek. Sedangkan kendala kendala yang dihadapi orang tua dalam melanjutkan pendidikan anak ke pendidikan dasar yang paling banyak disebutkan adalah ekonomi yang kurang mencukupi. (2) Motivasi orang tua dalam menentukan pilihan pendidikan dasar di parang Magetan, yaitu ingin memasukkan anaknya di sekolah yang yang berbasis agama dengan pemenuhan kebutuhan terhadap fasilitas sarana dan prasarana belajar yang terpenuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:14
Last Modified: 27 Jun 2022 01:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20008

Actions (login required)

View Item View Item