Penerapan Prinsip 5 M + 1 S Dalam Pembentukan Akhlak Santri di Pondok Pesantren NUrul Azhar Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo

Fitriana, Anis (2022) Penerapan Prinsip 5 M + 1 S Dalam Pembentukan Akhlak Santri di Pondok Pesantren NUrul Azhar Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Penerapan Prinsip 5 M + 1 S Dalam Pembentukan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Nurul Azhar Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo Anis Fitriana 202280028 PAI..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Fitriana, Anis, 2021. Penerapan Prinsip 5m + 1s Dalam Pembentukan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Nurul Azhar Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo. SKRIPSI, Tarbiyah, Jursan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ahmad Nu’man Hakiem, M. Ag.
Kata Kunci: Akhlak, Pengasuh, Santri
Akhlak merupakan salah satu unsur yang penting yang harus dimiliki setiap orang. Melihat perkembangan zaman yang semakin maju dan banyaknya kenakalan remaja yang marak terjadi mengakibatkan kerusakan akhlak, khususnya di kalangan anak remaja. Oleh sebab itu, pembentukan akhlak sangat diperlukan dan di tekankan. Akhlak merupakan gambaran kepribadian seseorang, semakin baik orang itu maka semakin baik pula akhlak yang dimiliki. Dalam pembentukan akhlak, maka sebuah lembaga memiliki cara tersendiri untuk mencapai tujuannya. Begitu pula dengan pembentukan akhlak di Pondok Pesantren Nurul Azhar Gunungan Ringinputih Sampung Ponorog. Pondok ini menerpakan prinsip 5M + 1S yaitu: : Menutup Aurat, Menggunakan Bahsa Krama Alus, Membantu Orang Tua, Menghafal dan Menyapa, dan 1 S yaitu Senyum.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan dari prinsip 5M + 1S dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Nurul Azhar Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo (2) dan kontribusinya prinsisp 5M + 1S ini dalam pembentukan akhlak para santri di Pondok Pesantren Nurul Azhar Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan Etnografi (Ethnography). Sumber data dari penelitian ini meliputi pengasuh Pondok Pesantren, Keluarag Ndalem, lurah Putra dan Putri Pondok Pesantren, serta Santri putra dan putri Pondok Pesantren Nurul Azhar Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwasanya penerapan prinsip 5M + 1S di Pondok Pesantren Nurul Azhar Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo adalah menggunakan metode taklim (pengajaran), teladan, sangsi. Dimana jika metode ini di lakukan secara terus-menerus dan berulang maka akan menimbulkan sebuah kebiasaan. Metode taklim (pengajaran) berupa pengenalan dan pembinaan dari prinsip ini serta pembekalan ilmu akhlak dari kitab Risalatul Mu’awanah. Metode teladan lebih ditekankan untuk para santri senior yaitu dengan memberikan contoh-contoh baik seperti selalu menggunakan jilbab ketika keluar kamar, menggunakan bahasa sopan, menyapa dan saling senyum sesama teman, menaati tata tertib. Metode sangsi diterapkan untuk memberi rasa jera terhadap para pelanggar peraturan pondok. Dengan adanya metode ini dan diterapkan terus-menerus maka menjadi sebuah kebiasaan para santri untuk berperilaku yang baik yang sesuai dengan syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:03
Last Modified: 27 Jun 2022 01:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19996

Actions (login required)

View Item View Item