MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN ETOS BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI MTS NEGERI 8 MAGETAN)

Hadiansyah, Wahid (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN ETOS BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI MTS NEGERI 8 MAGETAN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217040_Wahid Hadiansyah_MPI.docx.pdf

Download (981kB) | Preview

Abstract

Hadiansyah, Wahid. Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Etos Belajar Siswa (Studi Kasus di MTs Negeri 8 Magetan). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Aris Nurbawani, MM.
Kata Kunci: Siswa, Etos Belajar
Mulai tanggal 19 Maret 2020 lalu pembelajaran sekolah dilakukan dari rumah karena adanya pandemi Covid-19. Setelah satu bulan belajar online,72,8% siswa mengeluh penumpukkan tugas. Dari banyaknya keluhan siswa ditakutkan adanya penurunan etos belajar di semua lingkungan sekolah. Salah satunya adalah MTs Negeri 8 Magetan yang terkenal akan pendidikan bidang agama yang sangat baik dan siswanya yang terdidik memiliki akhlak yang baik dan mampu memberi dampak positif terhadap teman sebaya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan di Mts Negeri 8 Magetan untuk mengetahui bagaimana manajemen kesiswaan dalam mengatasi agar terhindar dari masalah yang marak terjadi di berbagai sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan etos belajar siswa di MTs Negeri 8 Magetan, (2) pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatkan etos belajar siswa di MTs Negeri 8 Magetan, (3) evaluasi kesiswaan dalam meningkatkan etos belajar siswa di MTs Negeri 8 Magetan dan (4) faktor-faktor yang mempengaruhi etos belajar siswa di MTs Negeri 8 Magetan.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dengan data deskriptif yang dilaksanakan di MTs Negeri 8 Magetan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi dan teknik analisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kesiswaan dilakukan dalam bentuk pembuatan panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), menyusun perencanaan PPDB (perencanaan jumlah siswa, ruang kelas, pembuatan brosur dan pendaftaran siswa baru), dan menyusun perencanaan pembelajaran sampai kelulusan siswa. (2) Pelaksanaan kesiswaan meliputi penerimaan siswa baru, pengelompokkan peserta didik, pencatatan kehadiran peserta didik, serta pembinaan dan pengembangan peserta didik. Pada masa pandemi Covid-19 semua pelaksanaan dilaksanakan dengan online (3) Evaluasi peserta didik di MTs Negeri 8 Magetan dilakukan di setiap kegiatan, seperti setelah ulangan harian, saat pembagian hasil nilai belajar ujian semester dan ketika acara pelepasan siswa kelas IX, namun ketika masa pandemi Covid-19 evaluasi dilakukan oleh guru setiap hari setelah selesai pembelajaran. (4) Faktor yang mempengaruhi etos belajar siswa di MTs Negeri 8 Magetan adalah faktor individu, terbiasa dalam latihan soal, motivasi, guru dan cara mengajarnya, serta faktor kelelahan dan kejenuhan. Upaya pihak sekolah agar siswa memiliki etos belajar pada masa pandemi Covid-19 seperti memberikan motivasi dan dorongan pada siswa setiap hari dan memberikan latihan soal dan metode pembelajaran dengan asyik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 00:47
Last Modified: 27 Jun 2022 00:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19992

Actions (login required)

View Item View Item