Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Ma'arif Ponorogo Tahun 2021

Rahayu, Putri (2022) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Ma'arif Ponorogo Tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616078 PUTRI RAHAYU PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahayu, Putri. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Ma’arif Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M. Si.

Kata kunci: Pola asuh orang tua, kepercayaan diri siswa dan hasil belajar

Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar.Hasil belajar yang dicapai peserta didik merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal yang keluar dari dalam individu sendiri seperti intelegensi atau kecerdasan, bakat, minat dan perhatian, motivasi siswa, dan sikap siswa. Faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar meliputi faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Di dalam faktor keluarga terdapat pola asuh orang tua, pola asuh orang tua dalam lingkungan keluarga yang penting adalah memberikan pengalaman pertama pada masa anak-anak, karena pengalaman sangat penting dalam perkembangan pribadi dan emosional anak
Hasil belajar siswa merupakan salah satu tujuan dari proses pembelajaran di sekolah. Terdapat pengaruh dari faktor eksternal yaitu orang tua. Bentuk pola asuh orang tua sebenarnya adalah bentuk peran guru di sekolah. Kemudian faktor internal yang tumbuh dari dalam individu sendiri yaitu kepercayaan diri. Jika dalam belajar siswa kurang percaya diri akan mempengaruhi proses pembelajaran dan berakibat pada hasil belajar yang kurang memuaskan.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh secara signifikan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Ma’arif Ponorogo. 2) untuk mengetahui pengaruh secara signifikan tingkat kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Ma’arif ponorogo. 3) untuk mengetahui pengaruh secara signifikan pola asuh orang tua dan tingkat kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Ma’arif Ponorogo.
Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kuantitatif metode expost facto. Sampel penelitian berjumlah 106 responden, jadi semua siswa kelas V dijadikan responden. Untuk teknik pengumpulan data menggunkan angket dan nilai rapor. Adapun teknik analisis data menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana dan Regresi Linier Berganda.
Berdasarkan dari analisis data diperoleh, bahwa 1) Pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SD Ma’arif Ponorogo, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 5%. 2) Tingkat kepercayaan diri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SD Ma’arif Ponorogo, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 5,6%. 3) Pola asuh orang tua dan tingkat kepercayaan diri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SD Ma’arif Ponorogo, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 10%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:50
Last Modified: 24 Jun 2022 08:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19981

Actions (login required)

View Item View Item