UPAYA USTADZ DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH WANITA PADA SANTRI MELALUI KAJIAN KITAB UYUNUL MASA-IL LIN NISA DI MADRASAH DINIYAH RIYADLOTUSY SYUBBAN PONDOK PESANTREN AL-HASAN PONOROGO

Nur Aziazh, Evi (2011) UPAYA USTADZ DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH WANITA PADA SANTRI MELALUI KAJIAN KITAB UYUNUL MASA-IL LIN NISA DI MADRASAH DINIYAH RIYADLOTUSY SYUBBAN PONDOK PESANTREN AL-HASAN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI THESIS EVI NUR AZIZAH 201180075.pdf

Download (818kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
AZIZAH, EVI NUR, 2022. Upaya Ustadz Dalam Meningkatakan Pemahaman Fiqih Wanita Pada Santri Melalui Kajian Kitab Uyunul Masa-il Lin Nisa Di Madrasah Diniyah Riyadlotusy Syubban Pondok Pesantren Al- Hasan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dr. Afif Syaiful Mahmuddin, M.Pd.I

Kata Kunci: Pemahamn, Fikih Wanita, Metode Drill, Kitab Uyunul Masa-il Lin Nisa.

Pembelajaran kitab ini penting bagi santri putri maupun santri putra. Adapun penting bagi santri putri karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan kesucian ketika beribadah baik itu sholat, membaca Al-Qur’an dan lain-lain. Sedangkan penting bagi santri putra karena laki-laki merupakan imam yang akan menanggung keluarganya kelak baik bagi istri dan anak perempuannya yang mengalami haid dan Istihadhoh.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) Untuk mengetahui metode ustadz dalam meningkatkan pemahaman fikih wanita pada santri melalui kajian kitab Uyunul Masa-il Lin Nisa di Madrasah Diniyah Riyadhatusy Syubban Pondok Pesantren Al-Hasan Ponorogo. (2) Untuk mengetahui kendala ustadz dalam meningkatkan pemahaman fikih wanita pada santri melalui kajian kitab Uyunul Masa-il Lin Nisa di Madrasah Diniyah Riyadhatusy Syubban Pondok Pesantren Al-Hasan Ponorogo. (3) Untuk mengetahui dampak pembelajaran kitab Uyunul Masa-il Lin Nisa pada pemahaman fikih wanita oleh santri di Madrasah Diniyah Riyadhatusy Syubban Pondok Pesantren Al-Hasan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Dilaksanakan untuk ustadz kajian kitab Uyunul Masa-il Lin Nisa, santri dan ustadz Madrasah Diniyah Riyadhatusy Syubban Pondok Pesantren Al-Hasan Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan wawancara dan observasi untuk menemukan informasi tentang metode ustadz dalam meningkatkan pemahaman fikih wanita pada santri melalui kajian kitab Uyunul Masa-il Lin Nisa, kendala, dan dampak pembelajaran kitab Uyunul Masa-il Lin Nisa pada pemahaman fikih wanita oleh santri di Madrasah Diniyah Riyadhatusy Syubban Pondok Pesantren Al-Hasan Ponorogo. Analisis data menggunakan teori Menurut N.K Malthora, Ada tiga tahapan teknik analisis data yaitu; redusi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau rifikasi (conclusion drawing verfikation).
Dalam penelitian ini menjukkan hasil yaitu; (1) Dalam kajian kitab Uyunul Masa-il Lin Nisa ustadz menggunakan metode drill yang memiliki beberapa tahap sebagai berikut; ustadz menjelaskan kemudian memberikan contoh setelah itu menunjuk beberapa santri baik dari santri putri maupun putra kemudian santri tersebut mengerjakan soal yang hampir serupa yang telah diberikan oleh beliau kemudian dijelaskan, apabila masih kurang tepat beliau menjelaskan kembali dan mencontohkan sehingga dari situ santri menjadi paham. (2) Dalam penerapan kajian kitab Uyunul Masa-il Lin Nisa di Madrasah Diniyah Riyadhatusy Syubban ini terdapat kendala diantaranya menurut ustadz terletak pada penjelasan kitab yang masih terdapat kata-kata yang sulit di pahami sehingga dengan membaca saja kita tidak cukup. Sedangakan kendala yang dialami santri yaitu mengenai tempat dan waktu yang kurang tepat sehingga konsentrasi santri terganggu. (3) Kitab Uyunul Masa-il Lin Nisa berdampak positif atau baik pada seluruh santri dan ustadz madrasah. Adapun dampak positif yang mereka rasakan yaitu yang awal mulanya hanya mengenal mengenai haid, nifas, istihoh sekarang mereka sudah mulai mengerti dan paham. Karena dalam kitab ini menjelaskan dengan ditail mengenai fiqih wanita terutama mengenai haid, hukum mempelajari ilmu haid, menghitung masa suci haid, dan lain sebagainya mengenai wanita. Sehingga dapat dengan mudah di pahami oleh seluruh santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:43
Last Modified: 24 Jun 2022 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19969

Actions (login required)

View Item View Item