Pelaksanaan Kegiatan Muhadharah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Percaya Diri Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Ponorogo

Isnaini, Nur Sofiatun (2022) Pelaksanaan Kegiatan Muhadharah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Percaya Diri Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESIS NUR SOFIATUN ISNAINI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Isnaini, Nur Sofiatun. 2022. Pelaksanaan Kegiatan Muhadharah Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I
Kata kunci: Muhadharah, Percaya Diri, Santri
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa percaya diri santri saat akan tampil dalam kegiatan muhadharah. hal tersebut terbukti bahwa ketika kegiatan muhadharah dilaksanakan para santri ada yang merasa demam panggung dan petugas seringkali beralasan sakit atau tidak bertanggung jawab saat diberi tugas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan sebagai upaya meningkatkan percaya diri santri.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dilaksanakan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Kota Ponorogo mulai dari bulan Januari-April 2022. Informan penelitian adalah pengurus dan santri yang bertugas pada kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang dipakai adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode induktif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan yang dilaksanakan setiap sebulan sekali pada malam jum’at setelah salat isya’. Kegiatan muhadharah ini sangat penting bagi seluruh santri. Dengan adanya kegiatan muhadharah dapat melatih keberanian dan rasa percaya diri untuk berbicara di depan banyak orang. Sebelum tampil santri diberi waktu satu bulan untuk membuat teks pidato dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat tampil dalam kegiatan muhadharah. Kemudian untuk membentuk kepercayaan diri santri yang perlu diperhatikan yaitu: cinta, rasa aman, model peran, berpengetahuan, dan hubungan. Dalam kegiatan muhadharah santri diberi tugas seperti MC, Khatib atau Khatibah, Qiroat, Istimbat, Hiburan dan Komentator. Setelah di akhir kegiatan pengurus menyampaikan arahan atau evaluasi dari kegiatan tersebut. Bagi santri yang tidak bertanggung jawab dengan tugasnya maka akan diberikan teguran oleh pengurus dan harus mempertanggung jawabkan tugasnya di bulan berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:43
Last Modified: 24 Jun 2022 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19968

Actions (login required)

View Item View Item