Nilai Tasamuh Dalam Novel 99 Cahaya Di Langit Eropa Dan Relevansinya Terhadap Kerukunan Umat Beragama Di Indonesia

Mayapada, Liantin (2022) Nilai Tasamuh Dalam Novel 99 Cahaya Di Langit Eropa Dan Relevansinya Terhadap Kerukunan Umat Beragama Di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180131_Liantin Mayapada_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

MAYAPADA, LIANTIN. 2022. Nilai Tasamuh Dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa dan Relevansinya Terhadap Kerukunan Umat Beragama di Indonesia. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mughniatul Ilma, M.H.

Kata Kuci: Tasamuh, Novel 99 Cahaya di Langit Eropa, Kerukunan Umat Beragama.

Di Indonesia keberagaman budaya dan agama sangatlah luas dan berbeda-beda. Dari keberagaman inilah yang menjadi tolak ukur seseorang dalam bersikap maupun bersosialisasi di dalam kehidupan yang nantinya bisa untuk menciptakan kehidupan yang rukun antar umat beragama. Melihat kondisi kerukunan umat beragama saat ini masih tampak beberapa konflik yang muncul yang disebabkan oleh adanya keberagaman yang berbeda-beda. Dalam menyikapi hal tersebut dibutuhkan adanya tasamuh atau toleransi yang nantinya dapat menunjang kerukunan umat beragama yang damai dan sejahtera. Melihat bahwa tasamuh sangat berperan penting dalam menciptakan kerukunan umat beragama, maka peneliti menggunakan media Novel 99 Cahaya di Langit Eropa untuk mengangkat tema penelitian ini dengan tujuan bahwa novel tersebut dapat dijadikan sebagai pengetahuan bahwa adanya keanekaragaman bukan untuk membuat pertikaian, akan tetapi mampu menerima adanya keanekaragaman tersebut yang ditunjukkan dengan sikap menghormati dan sikap menghargai satu sama lain dengan harapan tasamuh dapat memberikan kontribusi yang positif dalam menciptakan kerukunan umat beragama yang aman, damai, dan sejahtera.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan nilai tasamuh dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa, (2) mewujudkan relevansi antara nilai tasamuh dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa terhadap kerukunan umat beragama di Indonesia.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan mengunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif yang mengahasilkan data deskriptif, yang datanya dapat diperoleh dari berbagai sumber pustaka seperti jurnal penelitian, skripsi, artikel, buku, karya ilmiah maupun sumber-sumber yang lainnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yang digunakan adalah dokumentasi, yakni peneliti menggunakan berupa foto atau dokumen. Sedangkan untuk teknik analisis data pada penelitian ini yaitu peneliti membaca beberapa kutipan dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa yang menunjukkan nilai tasamuh kemudian menganalisis nilai tasamuh di dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa serta merelevansikan terhadap kerukunan umat beragama di Indonesia.
Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa (1) nilai tasamuh yang terkandung dalam novel 99 Cahaya Di Langit Eropa meliputi mengakui hak setiap orang, menghormati keyakinan orang lain, agree in disagreement atau setuju dalam perbedaan, dan saling mengerti. (2) Nilai tasamuh dalam novel 99 Cahaya Di Langit Eropa memiliki relevansi dengan kerukunan umat beragama di Indonesia karena hubungan keduanya saling berkaitan satu sama lain. Antara tasamuh dengan kerukunan umat beragama harus dijalankan secara berdampingan karena jika keduanya tidak seimbang maka bisa saja dapat menimbulkan perpecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:38
Last Modified: 24 Jun 2022 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19961

Actions (login required)

View Item View Item