Manajemen Layanan Khusus Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 2 Ponorogo

Umah, Cholifatul (2022) Manajemen Layanan Khusus Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 206180011 CHOLIFATUL UMAH.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Manajemen layanan khusus di sekolah pada dasarnya dibuat untuk mempermudah atau memperlancar pembelajaran, serta dapat memenuhi kebutuhan khusus siswa di sekolah.Pelayanan khusus diselenggarakan di sekolah dengan maksud untuk memperlancar pelaksanaan pengajaran dalam rangka pencapain tujuan pendidikan di sekolah. Pendidikan di sekolah antara lain juga berusaha agar peserta didik senanatiasa berada dalam keadaan baik, baik disini menyangkut aspek jasmani maupun rohaninya. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen layanan khusus adalah suatu proses kegiatan memberikan pelayanan kebutuhan kepada peserta didik untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar tujuan pendidikan bisa tercapai secara efektif dan efisien.
Penelitian ini bertujuan untu (1) Untuk mengetahui Manajemen Layanan Khusus Perpustakaan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 2 Ponorogo.(2) Untuk mengetahui Manajemen Layanan Khusus Bimbingan dan konseling untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 2 Ponorogo.(3) Untuk mengetahui Manajemen Layanan Khusus Laboraturiuuntuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 2 Ponorogo.
Pada Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatifbertujuan untuk menggambarkan dan mengungkap (to discribe and explore), dan menggambarkan dan menjelaskan (to discribe and explain).Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, studi kasus merupakan penelitian dimana peneliti menggali suatu fenomena tertentu (kasus) dalam suatu waktu dan kegiatan (Program, even, proses, indtitusi, atau kelompok social) serta mengumpulkan informasi secara terinci dan mendalam dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data selama periode tertentu
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan Perpustakaan berupa pengadaan buku paket, referensi peminjaman buku, pengorganisasian perpustakaan dengan memiliki 3 staff, dan setiap satu staff bertugas mengampu 1 angkatan yang kurang lebih berjumlah 300 per angkatan, pelaksanaan perpustakaany berupa membuka pelayanan sesuai dengan masuknya siswa yaitu dari hari senin sampai hari kamis dan dibuka mulai jam 8 sampai 12 siang, untuk Evaluasi selalu melakukan laporan terhadap atasan mengenai kemajuan yang dicapai di perpustakaan, melaporkan keadaan buku di SMA Negeri 2 Ponorogo. (2) Perencanaan laboraturium berupa adanya perencanaan jangka panjang, tengah, dan pendek, pengorganisasian laboraturium yang berupa adanya guru serumpun, pelaksanaan laboraturium dengan adanya jadwal penggunaan laboraturium, untuk evaluasi laboraturium dilakukan setiap satu semester satu kali dan dilakukan di akhir semester, membahas dan melaporkan mengenai keadaan alat dan bahanlaboraturium yang ada di SMA Negeri 2 Ponorogo. (3) Perencanaan Bimbingan dan konseling dengan adanya pembuatan rencana pemberian layanan(RPL), Pengorganisasian Bimbingan dan Konseling dengan adanya 3 staff yang mengampu dan melayani siswa angkatan, Pelaksanaan yang berupa pelayanaan setiap 1 jam pelajaran dan bebas melakukan konsultasi, layanan setelah jam pelajaran, evaluasi dilakukan setiap saat dengan pembahasan upaya menentukan kualitas pelaksanaan layanan yang ada di SMA Negeri 2 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:38
Last Modified: 24 Jun 2022 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19960

Actions (login required)

View Item View Item