Pembelajaran Materi Tembang Dolanan Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Di Kelas IV C MIN 5 Ponorogo

Rizki, Mohammad (2022) Pembelajaran Materi Tembang Dolanan Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Di Kelas IV C MIN 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180198_MOHAMMAD RIZKI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rizki, Mohammad. 2022. Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Materi Tembang Dolanan pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di Kelas IV C MIN 5 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata kunci: Pembelajaran Terbatas, Tembang Dolanan, Bahasa Jawa

Kegiatan proses belajar mengajar pada umumnya dilaksanakan secara normal, sebelum adanya pandemi covid-19, tanpa adanya pembatasan waktu atau durasi pembelajaran di sekolah. Semenjak diterapkannya pembelajaran terbatas, durasi pembelajaran menjadi lebih singkat. MIN 5 Ponorogo adalah salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran secara terbatas. Materi Tembang Dolanan dalam mata pelajaran bahasa Jawa merupakan salah satu pelajaran yang disampaikan dengan pembelajaran terbatas. Mata pelajaran bahasa Jawa termasuk dalam kurikulum muatan lokal, yang wajib diajarkan mulai jenjang MI sampai menengah atas. Alokasi waktu yang digunakan untuk pelajaran bahasa Jawa dibandingkan dengan pelajaran umum lainnya lebih sedikit, ditambah dengan diberlakukannya pembelajaran terbatas ini pelaksanaan pembelajaran materi Tembang Dolanan kurang maksimal karena waktu yang sedikit, serta menimbulkan kesulitan bagi guru dan siswa kelas IV MIN 5 Ponorogo dalam melaksanakan pembelajaran.
Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan dan memperoleh data dengan teknik metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Peneliti mengecek keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan bahan referensi.
Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan guru bahasa Jawa mengajarkan materi Tembang Dolanan di kelas IV C MIN 5 Ponorogo dengan pembelajaran terbatas, (2) mendeskripsikan media pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi Tembang Dolanan di kelas IV C dengan pembelajaran terbatas, dan (3) mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru dan siswa kelas IV C MIN 5 Ponorogo dalam materi Tembang Dolanan dengan pembelajaran terbatas.
Hasil penelitian menunjukkan, (1) guru mengajarkan materi Tembang Dolanan dengan pembelajaran terbatas meliputi, perencanaan pembelajaran materi Tembang Dolanan, pelaksanaan materi Tembang Dolanan, dan evaluasi materi Tembang Dolanan. (2) Media yang digunakan guru dalam tembang dolanan yaitu Mp3 atau audio yang diputar melalui Smartphone. (3) terdapat kesulitan yang dialami guru dan siswa dalam pembelajaran materi Tembang Dolanan dengan pembelajaran terbatas Kesulitan yang dialami guru, yaitu: waktu yang sedikit mengakibatkan materi yang tersampaikan kurang maksimal, sulit memahami kosa kata dari sebagian Tembang Dolanan. Kesulitan yang dialami siswa kelas IV C, yaitu: siswa sulit memahami kosa kata dalam tembang Dolanan yang sifatnya krama, kesulitan menyanyikan Tembang Dolanan sesuai dengan nada, tidak bisa memainkan permaian dari Tembang Dolanan yang memiliki unsur permainan, dan waktu belajar yang kurang sehinnga kurang memahai Tembang Dolanan yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:37
Last Modified: 24 Jun 2022 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19957

Actions (login required)

View Item View Item