..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Peranan Ki Hajar Dewantara dalam Pembaharuan Pendidikan di Indonesia

Kolis, Nur (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Peranan Ki Hajar Dewantara dalam Pembaharuan Pendidikan di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180443_SITI KOMARIAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komariah, Siti. 2022. Peranan Ki Hadjar Dewantara dalam Pembaharuan Pendidikan di Indonesia.
Skiripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Dr. Nur Kolis, M. Ag, Ph. D
Kata Kunci: Ki Hadjar Dewantara, Peran Ki Hajar Dewantara, dan Pembaharuan Pendidikan.

Perjuangan pergerakan kebangsaan dan kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peranan dan kiprah dari Suwardi Suryaningrat atau lebih dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara yang berasal dari lingkungan ningrat Puri Pakualaman, Yogyakarta. Perjuangan politiknya mewarnai dan menggemparkan perkembangan politik kolonial Hindia Belanda dan dianggap berbahaya untuk kelangsungan tatanan kolonial sehingga ia bersama kedua teman seperjuangannya diasingkan ke Negeri Belanda. Sekembalinya dari pengasingan, sikap dan langkah drastis perjuangannya adalah ketika beralih ke perjuangan pembaharuan pendidikan dengan mendirikan perguruan Taman Siswa. Berbagai faktor dan penyebab berada di balik perubahan ranah perjuangan itu. Walau beralih ranah, ia tetap memegang erat visi dan tujuan yang tidak berubah dari sikap dan kiprah perjuangannya semula yakni menggapai kemerdekaan Indonesia, melalui pembangunan dan pengembangan pendidikan untuk putra-putra bangsa. Melalui gerakan Taman Siswa, sumbangsih perjuangannya tidak hanya ikut membentuk corak perjuangan pergerakan kebangsaan dan membuka gerbang kemerdekaan Indonesia, melainkan juga hingga mewujudkan dan mencapai cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melalui pembaharuan pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan latar belakang pembaharuan pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara (2) mendeskripsikan konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (3) mendeskripsikan implikasi dari adanya konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara terhadap pembaharuan pendidikan di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan historis dan filosofis, dan jenis penelitian Lybrary Reseacrh. Dengan menggunakan metode dokumentasi atau literatur yaitu dengan mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang berkesinambungan (koheren) dengan objek pembahasan yang diteliti sebagai cara pengumpulan data. Dan menggunakan teknik content analysis sebagai cara menganalisis data.
Dari penelitian tentang peranan Ki Hajar Dewantara dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia ditemukan. (1) Latar belakang pemikiran Ki Hadjar Dewantara untuk melakukan pembaharuan pendidikan saat itu ada 3 faktor yaitu Faktor Politik yaitu jabatan sentral pemerintahan hanya dikuasai oleh pemerintah kolonial Belanda dan kaum ningrat, Faktor Ekonomi yaitu adanya sistem tanam paksa dan tingginya pajak sehingga rakyat jelata tak bisa membayar biaya pendidikan, dan Faktor Sosial yaitu adanya jurang pemisah antara pihak yang berkuasa dan yang dikuasai sehingga dalam mengenyam pendidikan hanya dinikmati oleh kaum ningrat dan kolonial. (2) Konsep pendidikan yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara umumnya adalah mengutamakan cinta serta kasih sayang. (3) Konsep Pendidikan yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara berdampak besar terhadap pembaharuan pendidikan di Indonesia, diantaranya adalah Pendidikan yang dahulu hanya bisa dirasakan oleh kaum ningrat dan kolonial, sekarang bisa dirasakan oleh semua kalangan masyarakat Indonesia, Adigum Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani dijadikan semboyan pendidikan di Indonesia sampai saat ini, serta menjadi pedoman atas berdirinya lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia seperti Yayasan Taman Siswa, SMA Taruna Nusantara, dan beberapa Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:37
Last Modified: 24 Jun 2022 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19956

Actions (login required)

View Item View Item