Peran Orang Tua Dalam Membina Aktivitas Keagamaan Siswa Di SD Negeri Sukorejo 01 Kebonsari Madiun

Puspitasari, Reza (2022) Peran Orang Tua Dalam Membina Aktivitas Keagamaan Siswa Di SD Negeri Sukorejo 01 Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180220_REZA PUSPITASARI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Puspitasari, Reza. 2022. Peran Orang Tua dalam Membina Aktivitas Keagamaan Siswa di SD Negeri Sukorejo 01 Kebonsari Madiun . Skripsi . Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Athok Fu’adi, M. Pd.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Sikap Keagamaan
Permasalahan yang melatarbelakangi adanya penelitian ini adalah masih kurang sadarnya siswa dalam melakukan pembiasaan yang dilakukan di SD Negeri Sukorejo 01 Kebonsari Madiun, dimana sekolah tersebut memiliki banyak sekali aktivitas keagamaan tetapi saat dilakukan aktivitas keagamaan masih ada siswa yang bergurai sendiri sehingga kegiatan yang dilakukan tidak berjalan dengan maksimal dan kondusif.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran orang tua dalam membina aktivitas keagamaan siswa SD Negeri Sukorejo 01 Kebonsari Madiun, (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi aktivitas keagamaan siswa.
Metode penelitian yang digunakan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus di SD Negeri Sukorejo 01 Kebonsari Madiun, Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan subyek penelitian orang tua, siswa, dan guru. Menggunakan tiga teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua dalam membina aktivitas keagamaan dapat dibilang telah terlaksana dengan baik. Peran tersebut diantaranya seperti peran orang tua dalam membina kegiatan sudah dilaksanakan dengan baik diantaranya sebagai pendidik, orang tua memberikan pengajaran nilai-nilai agama, memberikan teladan, menerapkan kepada anak untuk taat beribadah dan sebagai pengawas, orang tua selalu melakukan pengawasan terhadap lingkungan pergaulan anak agar tidak terjerumus ke hal yang negative. Terdapat faktor pendukung dan penghambat bagi orang tua dalam membina sikap keagamaan remaja. Faktor pendukung dalam membina kegiatan keagamaan anak yaitu timbulnya kesadaran diri padaanak, adanya dorongan lingkungan yang baik, dan aktifnya kegiatan keagamaan seperti TPQ, sehingga membantu dan mempermudah bagi orang tua dalam membina sikap keagamaan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor lingkungan yang buruk, dimana lingkungan pergaulan yang buruk akan mempengaruhi kegiatan keagamaan dan adanya rasa malas yang mulai berkembang pada diri anak sehingga membuat anak malas dalam melakukan kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:35
Last Modified: 24 Jun 2022 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19952

Actions (login required)

View Item View Item