..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Media Pembelajaran Terhadap Efektivitas Pembelajaran Materi Fiqih Kelas VII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo

Irawan, Dimas Rommy (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Media Pembelajaran Terhadap Efektivitas Pembelajaran Materi Fiqih Kelas VII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skrripsi 201180061 Dimas Rommy Irawan PAI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Irawan, Dimas Rommy 2022. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Media Pembelajaran Terhadap Efektivitas Pembelajaran Materi Fiqih Kelas VII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Ali, M. Pd.
Kata Kunci: Efektivitas, Profesional, Pembelajaran, Media
Efektivitas pembelajaran adalah standar keberhasilan, yaitu sejauh mana kesan pembelajaran berhasil mencapai suatu tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.Ada beberapa temuan permasalahan di lokasi penelitian seperti siswa-siswinya memiliki beberapa kendala dalam memahami materi yang diberikan, ada yang merasa bosan dengan materi dan proses pembelajaran, belum mengoptimalkan penggunaan media yang ada, dan metode mengajar yang digunakan guru juga belum bervariasi. Abdul Rahmat menyatakan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran: Penggunaan strategi dan Metode Pembelajaran, Merancang materi pembelajaran, Penggunaan media pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Gaya Mengajar Guru. Menurut Abu Ahmadi: Faktor raw input kondisi psikologis maupun kondisi fisiologis, Faktor environmental input lingkungan alami maupun lingkungan sosial, Faktor instrumental input, yang didalamnya antara lain terdiri dari: Kurikulum, Program atau bahan pengajaran, Sarana dan fasilitas, Guru.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah kompetensi profesional guru berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pembelajaran di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong. (2) Untuk mengetahui apakah media pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pembelajaran di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru dan media pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif jenis expost facto. Lokasi penelitian berada di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik angket dengan subjek 42 anak kelas VII. Analisis yang digunakan regresi linier sederhana dan linier berganda yang dibantu dengan program SPSS versi 25.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh antara kompetensi professional guru terhadap efektivitas pembelajaran berdasarkan uji T yang diperoleh thitung (6,586) > ttabel (2,022), dan signifikansi = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh antara kompetensi professional guru terhadap efektivitas pembelajaran, dengan presentase pengaruh 52% dan sisanya 48% berasal dari faktor lain yang tidak diteliti. 2) Terdapat pengaruh antara media pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran, nilai thitung (9,201) > ttabel (2,022), dan signifikansi = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh antara media pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran. Dengan presentasi pengaruh 67% sisanya 33% berasal dari faktor lain yang tidak diteliti. 3) Terdapat pengaruh antara kompetensi professional guru dan media pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran, hasil uji F fhitung (67,075) > ftabel (3,32), dan signifikansi = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan presentasi pengaruh 77% sisanya 23% berasal dari faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:33
Last Modified: 24 Jun 2022 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19948

Actions (login required)

View Item View Item