..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Implementasi Metode Sorogan, Tartil, Dan Mujawwad Dalam Meningkatkan, Motivasi Baca Al- Qur’an Santri Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al-‘Aly Desa Polorejo, Kec. Babadan, Kab. Ponorogo

LUPIYANINGSIH, LUPIYANINGSIH (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Implementasi Metode Sorogan, Tartil, Dan Mujawwad Dalam Meningkatkan, Motivasi Baca Al- Qur’an Santri Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al-‘Aly Desa Polorejo, Kec. Babadan, Kab. Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317249_LUPIYANINGSIH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lupiyaningsih. 2021. “Implementasi Metode Sorogan, Tartil, Dan Mujawwad Dalam Meningkatkan Motivasi Baca Al- Qur’an Santri Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al-‘AlyDesa Polorejo, Kec. Babadan, Kab. Ponorogo.” Pembimbing, Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I
Kata Kunci: Metode, Belajar Al-Qur’an, Motivasi

Metode belajar membaca Al-Qur’an ada macam-macam. Metode sorogan, tartil dan mujawwad merupakan metode dalam belajar membaca Al-Qur’an. Ketiga metode ini dapat mempermudah dalam belajar membaca Al-Qur’an sekaligus dapat memotivasi untuk membaca Al-Qur’an. Sifat malas, tidak semangat dan pengaruh teknologi menjadi sebuah permasalahan. Dengan menerapakan metode belajar Al-Qur’an dapat membantu untuk memberikan motivasi membaca AL-Qur’an.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui implementasi metode belajar membaca Al Qur’an dalam meningkatkan motivasi baca Al-Qur’an santri PPTQ Al-‘Aly, (2) untuk mengetahui implikasi peningkatan motivasi baca Al-Qur’an setelah adanya pembelajaran baca Al-Qur’an di PPTQ Al-‘Aly.

Peneliti merancang penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat 1 pengasuh pondok pesantren, 3 ustadz/ustadzah dan 3 santri yang dijadikan sebagai subjek dalam penelitian ini. Peneliti memilih untuk melakukan penelitian di PPTQ Al-‘Aly dikarenakan di PPTQ ini memiliki metode belajar membaca yang unik, yaitu sorogan, tartil dan mujawwad.
Berdasarkan data yang ditemukan oleh peneliti di lapangan, ditemukan bahwa; (1) penerapan belajar membaca Al-Qur’an dengan metode sorogan yaitu dilakukan dengan santri menghadap secara langsung didepan ustadz/ustadzah kemudian disimak dan dibenarkan mengenai tajwid dan lain-lin. Kemudian untuk menerapkan metode tartil dan mujawwad yang dilakukan pada pagi hari ini dengan para santri mendengarkan kamudian menirukan dan mempraktekan sendiri-sendiri. (2) Implikasi peningkatan motivasi membaca Al-Qur’an dengan ketiga metode yaitu dapat meningkatkan motivasi baca Al-Qur’an seluruh santri. Motivasi dapat tumbuh dari bermacam-macam faktor, motivasi dapat tumbuh karena faktor orang lain seperti orang tua, teman dan juga pendidik. Ada juga diantaranya motivasi tersebut tumbuh dari diri sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:31
Last Modified: 24 Jun 2022 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19945

Actions (login required)

View Item View Item