PENINGKATKAN PENGETAHUAN HAID BAGI SISWI MELALUI PEMBELAJARAN KITAB `UYŪN AL-MASĀIL LINNISĀ’ PADA KELAS FIQIH WANITA DI SMP N 1 MLARAK

Sari, Nur Inda (2022) PENINGKATKAN PENGETAHUAN HAID BAGI SISWI MELALUI PEMBELAJARAN KITAB `UYŪN AL-MASĀIL LINNISĀ’ PADA KELAS FIQIH WANITA DI SMP N 1 MLARAK. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180402 NUR INDA SARI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Nur Inda. 2022. Peningkatan Pengetahuan Haid Bagi Siswi Melalui Kitab `Uyūn Al-Masāil Linnisā’ Pada Kelas Fiqih Wanita Di SMP N 1 Mlarak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci : Pengetahuan Haid, Kitab `Uyūn Al-Masāil Linnisā’, Kelas Fiqih Wanita
SMP N 1 Mlarak merupakan sekolah berbasis negeri yang banyak menyediakan kegiatan keagamaan sebagai bentuk menanamkan nilai-nilai karakter islami pada peerta didik. Salah satu kegiatan yang ada ialah kelas fiqih wanita. Kegiatan kelas fiqih wanita merupakan kegiatan pembiasaan yang berbentuk dalam pembelajaran sebagai upaya memberikan ilmu pengetahuan bagi siswi mengenai perkara haid. Dari kegiatan ini memberikan manfaat dan solusi bagi siswi yang tidak memahami apa itu perkara haid mulai dari jenis darah, larangan dan anjuran wanita yang sedang haid, serta tata cara dalam bersuci sehingga menghambat mereka dalam proses beribadah.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan kelas fiqih wanita dalam pembelajaran kitab `Uyūn Al-Masāil Linnisā’. (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kegiatan kelas fiqih wanita dalam pembelajaran kitab `Uyūn Al-Masāil Linnisā’. (3) untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran kitab `Uyūn Al-Masāil Linnisā’ dalam meningkatkan pengetahuan haid siswi di SMP N 1 Mlarak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian kualitatif berfungsi untuk menjabarkan dan menjelaskan secara detail permasalahan yang diangkat. Teknik penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan Kesimpulan (verification).
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kelas fiqih wanita merupakan kegiatan pembiasaan dengan bentuk pembelajaran yang dilaksanakan pada pagi jam 06.45-07.45 WIB setiap hari disebuah ruang kelas, Pengajar kelas fiqih yaitu Ibu Zahratul Mila. Kitab `Uyūn Al-Masāil Linnisā’ sebagai sumber belajar, metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah dan tanya jawab, Evaluasi pembelajaran dilaksanakan di akhir sesi pembelajaran dengan tanya jawab, Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswi yang sedang haid. (2) Faktor pendukung pembelajaran kelas fiqih ialah para guru yang menyetujui terbentuknya kegiatan ini. Adanya pendanaan khusus dari sekolah, fasilitas yang memadai serta upaya menyediakan guru yang lebih ahli dalam bidang fiqih dari luar sekolah. Sedangkan Faktor Penghambatnya masih ada siswi yang kurang disiplin saat pembelajaran berlangsung, siklus haid siswi yang berbeda-beda sehingga menyebabkan beberapa diantaranya tertinggal materi pembelajaran. (3) Dampak dari pembelajaran kitab `Uyūn Al-Masāil Linnisā’ secara pengetahuan siswi dapat memahami apa itu haid beserta hukumnya, memahami persoalan darah haid, mengetahui tata cara menghitung hari keluarnya darah, serta larangan bagi wanita haid. Siswi juga terampil dalam menghafalkan niat mandi besar dan dapat mempraktekan tata cara mandi besar sesuai dengan anjuran fiqih ketika telah selesai haid. Dampak lain yang dapat dilihat yaitu siswi dapat menjaga kebersihan diri serta tidak membuang pembalut sembarangan dilingkungan sekolah. Maka dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran kitab `Uyūn Al-Masāil Linnisā’ di kelas fiqih wanita meningkatkan pengetahuan serta keterampilan siswi SMP N 1 Mlarak.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:29
Last Modified: 24 Jun 2022 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19939

Actions (login required)

View Item View Item