PENERAPAN PROGRAM TAḤSĪN AL-QURĀN DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURĀN PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTs SULAMUL HUDA SIWALAN MLARAK PONOROGO

Hamidah, Nisa Nur (2022) PENERAPAN PROGRAM TAḤSĪN AL-QURĀN DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURĀN PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTs SULAMUL HUDA SIWALAN MLARAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180170_NISA NUR HAMIDAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hamidah, Nisa Nur. 2022. Penerapan Program Taḥsīn al-Qurān dalam Pengembangan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta Didik Kelas IX di MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nur Kolis, M.Ag., Ph.D.

Kata Kunci: Program Taḥsīn al-Qurān, Kemampuan Membaca Al-Qur'an, dan MTs Sulamul Huda

Kemampuan membaca adalah kemampuan siswa ketika membaca al-Qurān, apakah sudah baik atau belum. Dapat dikatakan demikian karena para santri telah memenuhi indicator kemampuan membaca al-Qurān engan baik, di antaranya adalah ketepatan makharijul hurufnya, ketepatan tajwidnya, kelancaran dan tartilnya. Siswa SMP/MTs pada umumnya mempunyai kemampuan membaca al-Qurān ada yang standart, belum ataupun kurang baik. Namun, hal tersebut berbeda dengan para siswa di Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo. Hal itu disebabkan karena di MTs tersebut sudah menerapkan program pembiasaan taḥsīn al-qurān yang dilaksanakan setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan pelaksanaan program taḥsīn al-Qurān dalam pengembangan kemampuan membaca al-Qurān di MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo, (2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pembiasaan taḥsīn al-Qurān dalam pengembangan kemampuan membaca al-Qurān siswa di MTs Sulamul Huda Mlarak Ponorogo, dan (3) mengetahui Untuk mendiskripsikan implikasi program pembiasaan taḥsīn al-Qurān dalam pengembangan kemampuan membaca al-Qurān siswa kelas IX di MTs Sulamul Huda Mlarak Ponorogo.
Penelitian lapangan dengan jenis kualitatif diterapkan oleh peneliti dalam penelitian ini. Selain itu, proses penghimpunan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan metode analisis yang akan diterapkan oleh peneliti.
Penelitian ini menyimpulkan: (1) Pelaksanaan program pembiasaan taḥsīn di MTs Sulamul Huda sudah cukup terorganisir dan terencana karena telah sesuai prosedur dari manajemen program tersebut, yang terdiri dari empat bagian, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Faktor pendukung program pembiasaan taḥsīn al-Qurān di MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo yaitu adab santri, guru, dan lingkungan sosial. Sedangkan faktor penghambatnya adalah santri, kurangnya pengawasan/ dukungan orang tua di rumah dan manajemen. (3) Implikasi atau hasil dari pelaksanaan taḥsīn al-Qurān dalam pengembangan kemampuan membaca siswa kelas IX di MTs Sulamul Huda adalah bisa dikatakan efektif. Dengan adanya pembiasaan taḥsīn al-Qurān setiap pagi sebelum pem-belajaran ternyata sangat efektif. Dapat dikatakan demikian karena para santri telah memenuhi indicator kemampuan membaca al-Qurān engan baik, di antaranya adalah ketepatan makharijul hurufnya, ketepatan tajwidnya, kelancaran dan tartilnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: NUR KOLIS
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:23
Last Modified: 24 Jun 2022 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19933

Actions (login required)

View Item View Item