KREATIVITAS SISWA DALAM MEMANFAATKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SBK KELAS V SDN KUTUKULON

Suryani, Lilis (2022) KREATIVITAS SISWA DALAM MEMANFAATKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SBK KELAS V SDN KUTUKULON. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180067_LILIS SURYANI_ PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suryani, Lilis. 2022. Kreativitas Siswa Dalam Memanfaatkan Barang Bekas Sebagai Media
Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Kelas V SDN Kutukulon Skripsi
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing, Dr. Tintin Susilowati, M. Pd.
Kata Kunci: Kreativitas Siswa, Barang Bekas, Mata Pelajaran SBK
Pelajaran SBK atau Seni Budaya Dan Keterampilan merupakan pendidikan kesenian
yang didalamanya terdapat beberapa aspek diantaranya: seni rupa, seni tari, seni musik dan
keterampila.1 Dalam aspek tersebut memiliki bebrappa cakupan: sebi rupa, mencakup
pengetahuan, keterampilan, dan nilai yang terdapat dalam karya seni seperti lukisan, ukiran,
patung, dan lain sebagainya. Sedangkan keterampilan didalamnya mencakup semua aspek
kecakapan hidup (life skill), dalam pelajaran SBK tingkat SD mengenai aspek keterampilan ini
yang ditekankan ialah keterampilan pada kerajinan tangan. Kerajinan tangan tersebut bisa
berasal dari barang bekas ataupun barang-barang yang dapat dimanfaatkan menjadi lebih baik
serta bisa menghasilkan barang yang berbeda dari sebelumnya. Kerajinan tangan menggunakan
barang bekas juga di terapkan pada mata pelajaran SBK di SDN Kutukulon sebagai media
pembelajran. Adapun barang bekas yang digunakan ialah kardus, bekas koran, sedotan, botol
aqua, kaleng, Stik es krim. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti topik penelitian
tersebut.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis kreativitas siswa dalam
memanfaatkan barang bekas pada mata pelajaran SBK serta untuk mengetahui faktor yang
mendorong keberhasilan keberhasilan siswa dalam memanfaatkan barang bekas pada mata
pelajaran SBK dan untuk mengetahui faktot yang menghambat keberhasilan siswa dalam
memanfaatkan barang bekas pada mata pelajaran SBK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat analisis deskriptif. Subjek
penelitian dalam penelitian ini ialah guru dan siswa kelas V SDN Kutukulon, dan barng bekas
sebagai. Pada teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif Miles, Huberman,
dan Saldana, yang meliputi kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Kreativitas siswa dalam memanfaatkan
barang bekas pada mata pelajaran SBK dapat menghasilkan karya yang baru baik berupa
gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan karya sebelum-sebelumnya. Para siswa
menghasilkan karya yang berbeda-beda dari segi ide maupun bentuknya. 2) Dalam berkarya
tersebut ada beberapa faktor yang mendorong keberhasilan siswa dalam memanfaatkan barang
bekas yakni siswa memiliki keinginan untuk mencoba hal yang baru dan bermanfaat dari barang
bekas, kemudian dampingan serta dukungan dari orang tua dan dukungan serta motivasi dari
lingkungan sekolah atau dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:23
Last Modified: 24 Jun 2022 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19932

Actions (login required)

View Item View Item