Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Penanaman Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik Di Smpn 2 Badegan

Pratiwi, Nur Faida (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Penanaman Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik Di Smpn 2 Badegan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180400 Nur Faida Pratiwi Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru sebagai pendidik yang membimbing, mengajar, menilai dan mengevaluasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Pendidikan Agama Islam peserta didik melakukan proses pembelajaran dengan guru dengan tercapainya tujuan. Tujuan pendidikan yaitu suatu yang diharapkan tercapainya suatu usaha dalam kegiatan pembelajaran salah satunya untuk meningkatkan penanaman moderasi beragama bagi peserta didik.Moderasi beragama adalah sebagai jalan tengah yang terbaik antara yang baik dan buruk. Moderasi beragama yang terciptanya toleransi saling menghargai dan mengormati anatara agama satu dengan yang lain.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan guru pendidikan agama Islam dalam peningkatan moderasi beragama di SMPN 2 Badegan 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan penguatan moderasi beragama bagi peserta didik di SMPN 2 Badegan 3) mendeskripsikan dampak penguatan moderasi beragama bagi peserta didik di SMPN 2 Badegan.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif.Dimana peneliti langsung turun ke lapangan untuk mengetahui fenomena yang terjadi, sesuai dengan rumusan masalah yang sudah disusun. Pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui wawamcara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data,penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Guru dalam peningkatan moderasi beragama bagi peserta didik yaitu pembelajaran tidak langsung, pembelajaran langsung dan pembiasaan dalam moderasi beragama bagi peserta didik. 2)Faktor pendukung seperti terjalinnya kerjasama dan mendapatkan dukungan penuh oleh kepala sekolah, orangtua dan guru. Sedangkan faktor penghambat kurangnya fasilitas dalam moderasi beragama. 3) Dampak penguatan moderasi beragama bagi peserta didik sangat meningkat dari segi pembelajaran dan melalui pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:22
Last Modified: 24 Jun 2022 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19930

Actions (login required)

View Item View Item