Pengaruh Media Pembelajaran Video Youtube Materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo

Musfiroh, Lailatul (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Video Youtube Materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180063_Lailatul Musfiroh_Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Musfiroh, Lailatul. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Video Youtube Materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M. Pd.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Youtube, Materi Masa Reformasi (1998-Sekarang), Hasil Belajar

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang cocok diterapkan pada pembelajaran IPS Terpadu kelas IX, pada materi Masa Reformasi (1998-Sekarang). Pembelajaran dalam kelas hanya menggunakan media LKS sehingga, dari hal tersebut menyebabkan siswa menjadi kurang tertarik dan cenderung bosan saat pelaksanaan pembelajaran khususnya pada materi Masa Reformasi (1998-Sekarang). Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Hasil belajar siswa yang rendah dapat dilihat dari nilai ulangan harian pada materi Masa Reformasi (1998-Sekarang), banyak siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM. Berdasarkan hal tersebut, penelitian dengan menggunakan media pembelajaran video youtube materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) penting untuk dilaksanakan karena dengan menggunakan video youtube yang memiliki unsur media audiovisual yang ada di dalamnya yaitu gambar, gerak, dan suara dapat merepresentasikan bentuk yang abstrak menjadi lebih nyata sehingga, cocok untuk diterapkan pada materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) karena, materi ini membahas mengenai sejarah kondisi masyarakat Indonesia pada zaman dahulu yang berkaitan dengan lahirnya gerakan reformasi, perkembangan politik, perkembangan ekonomi, dan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa reformasi sehingga, diharapkan mampu mempengaruhi hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video youtube materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment serta desain penelitian nonequivalent control group design. Perlakuannya yaitu penerapan media pembelajaran video youtube materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) pada kelas eksperimen dan penerapan media pembelajaran LKS pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo yang berjumlah 193 siswa dan sampelnya adalah siswa kelas IX A dan IX B dengan total 40 siswa yang masing- masing kelas berjumlah 20 siswa. Instrumen tes hasil belajar berupa soal yang berjumlah 25 soal yaitu 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Perhitungan data menggunakan data gain score yang dianalisis menggunakan Uji Independent Sample T-Test melalui program SPSS versi 25.

Hasil penelitian berdasarkan rumusan masalah penelitian yaitu, media pembelajaran video youtube materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo. Hal ini dilihat dari rata- rata nilai gain score yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi (20,8) daripada kelas kontrol (7,15). Hasil analisis uji Independent Sample T-Test memperoleh nilai Sig. 2 tailed sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 yang berarti berpengaruh. Uji R Square menunjukkan pengaruhnya sebesar 53,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:21
Last Modified: 24 Jun 2022 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19927

Actions (login required)

View Item View Item