Strategi Pengembangan Madrasah Unggulan Berbasis Pesantren Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo

Mamuja, Masyrul (2022) Strategi Pengembangan Madrasah Unggulan Berbasis Pesantren Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 206180035 MASYRUL MAMUJA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang sudah lama berkembang di Indonesia khususnya dalam lingkup pesantren yang telah berhasil membina dan mengembangkan kehidupan beragama di Indonesia. Oleh sebab itu bahwa banyak lulusan dari Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo dituntut untuk bisa dalam bermasyarakat khusunya dalam masalah keagamaan yang di situ peserta didik dalam hidup bermasyarakat harus dapat menguasai dalam bidang keagamaan, bidang sosial, maupun bidang ilmu pengetahuan umum baik dari segi ubudiyahnya atau dari segi adabnya atau akhlakul karimah (tata kramanya). Dalam segi prestasi di setiap sekolahan atau madrasah mestinya semua memiliki, akan tetapi di MA Darul Huda Ponorogo selain memiliki banyak prestasi juga menerapkan akhlaqul karimah, baik dengan orang tua, kyainya, guru-gurunya, santri yang senior, dan teman sebayanya, dan juga halnya dalam program pembelajarannya mengikuti ala pesantren. Hal seperti itu tidak banyak ditemui di Madrasah Aliyah yang lain.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk strategi pengembangan madrasah unggulan berbasis pesantren, penerapan strategi pengembangan madrasah unggulan berbasis pesantren, dan faktor pendukung maupun faktor penghambat dari strategi pengembangan madrasah unggulan berbasis pesantren.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan: 1).Bentuk strategi pengembangan madrasah unggulan berbasis pesantren terdapat kegiatan berupa pengembangan kitab kuning (kitab Bulugul Marom) baik berupa memaknai kitab kuning secara gundul, dan pembelajaran umum yang berbasis agama dengan metode memaknai seperti halnya di pesantren, program materi yayasan (kartu hijau). 2).Penerapan strategi pengembangan madrasah meliputi: memiliki guru-guru yang rata-rata lulusan pesantren sehingga dapat mengajarkan kepada peserta didik sudah kompeten di bidangnya seperti halnya diklat merawat jenazah, diklat toharoh, diklat manasik haji, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan praktek BTQ. 3).Faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pengembangan madrasah unggulan berbasis pesantren meliputi: faktor pendukungnya didukung oleh sarana prasarana yang baik dan memadai, tenaga pendidik yang cukup kompeten dalam bidangnya. Selanjutnya ada faktor penghambat meliputi: sistem ekonominya berpengaruh terhadap kelengkapan sarana prasarananya madrasah tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:02
Last Modified: 24 Jun 2022 01:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19923

Actions (login required)

View Item View Item