Upaya Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VII Melalui Budaya Religius di MTs. Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo

Nurdiana, Andartik (2022) Upaya Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VII Melalui Budaya Religius di MTs. Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317030_ANDARTIK NURDIANA_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurdiana, Andartik. 2020. Upaya Guru PAI dalam pembentukan Akhlak Siswa Kelas VII Melalui Budaya Religius di MTs. Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing Dr. Ju’subaidi,M.Ag
Kata Kunci: Budaya Religius, Pembentukan Akhlak
Pendidikan agama islam adalah bimbingan jasmani dan rohani yang berdasarkan pada hukum islam menuju arah terbentuknya kepribadian menurut ukuran-ukuran islam seperti halnya akhlak. Budaya religius merupakan salah satu bentuk nyata dari implementasi pendidikan karakter di madrasah. Upaya tersebut, untuk mentradisiskan perilaku positif kepada siswa. Sehingga, budaya religius dapat terwujud melalui nilai-nilai agamis, perilaku, aktivitas, dan simbol-simbol religious (islam) yang didukung oleh komponen pendidikan lainnya. Jika budaya religious tidak dilakukan secara optimal dalam pembentukan akhal siswa dapat menimbulkan dampak negatif diantaranya seperti kurang menghormati guru, tidak mematuhi tata tertib sekolah, dan menurunnya disiplin siswa.
Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui implementasi budaya religius dalam pembentukan akhlak siswa kelas VII di MTs. Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak siswa kelas VII melalui budaya religius yang ada di MTs. Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo. 3) Mengetahui dampak budaya religious dalam pembentukan akhlak siswa kelas VII melalui budaya religius di MTs. Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif, yang menjelaskan tentang penerapan budaya religius untuk pembentukan akhlak siswa di MTs. Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis menggunakan analisis interaktif yang diperkenalkan oleh Miles dan Hubermen yang meliputi reduksi, display, dan kesimpulan.
Temuan penelitian ini adalah 1) implementasi budaya religius dapat membentuk akhlak siswa melalui kegiatan pembelajaran PAI di madrasah yaitu Akidah akhlak, SKI, fikih dan Al-qur’an Hadits, kegiatan di luar kelas budaya 3S (senyum, sapa, salam), siswa membaca Al-Qur’an di kelas dengan dipantau oleh bapak ibu guru, sholat dhuha di masjid dengan berjama’ah, setiap 2 minggu sekali semua siswa beserta bapak ibu guru melaksanakan istighotsah bersama. 2) Faktor pendukung pembentukan akhlak siswa yaitu minimnya pengaruh globalisasi, adanya pelaksanaan peraturan yang intensiaf dan tata tertib siswa, kegiatan ekstrakurikuler untuk melatih kedisiplinan di madrasah. Sedangkan, factor penghambat pembentukan akhlak terhadap siswa kurang adanya pemahaman dan tanggungjawab yang sama diantara guru, pengawasan yang kurang selama diluar madrasah yang menjadi batasan guru untuk mendidik akhlak siswa baik media atau dengan lingkungan sekitarnya. 3) Dampak positif penerapan budaya religius yang dilakukan guru PAI di kelas maupun budaya religius madrasah dalam pembentukan akhlak siswa adalah terciptanya perilaku yang baik dalam tindakan maupun perkataan, terciptanya ketenangan dan ketentraman, menjadikan siswa disiplin, siswa memiliki sopan santun dalam berkomukasi baik kepada para pendidik dan tenaga kependidikan dan nilai sosialnya terbina dengan baik. Dengan terbentuknya akhlak siswa yang baik juga dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan madrasah

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:01
Last Modified: 24 Jun 2022 01:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19921

Actions (login required)

View Item View Item