Kreatifitas Mengajar Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri di Madrasah Diniyah Darul Ilmi Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Ponorogo

Maimunah, Maimunah (2022) Kreatifitas Mengajar Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri di Madrasah Diniyah Darul Ilmi Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180139_Maimunah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maimunah, 2022. Kreatifitas Mengajar Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri di Madrasah Diniyah Darul Ilmi Sidorejo Sukorejo Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I
Kata Kunci: Kreatifitas, Guru, Minat Belajar.
Dalam Madrasah Diniyah Darul Ilmi proses pembelajaran masih kurang kondusif. Sebelum adanya pembelajaran yang bervariasi, santri kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran. Rendahnya minat belajar santri disebabkan oleh beberapa hal seperti, penyampaian materi hanya menggunakan metode ceramah, terdapat santri yang tidak memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru, santri kurang bergairah dalam mengikuti pembelajaran, suasana pembelajaran di kelas kurang menarik dan minimnya fasilitas di madrasah sehingga para ustadz dan ustadzah tidak dapat memaksimalkan proses mengajar menggunakan media pembelajaran dengan baik. Oleh karena itu, ustadz dan ustadzah menciptakan kreatifitas atau ide-ide dalam mengajar, agar dapat meningkatkan minat belajar santri.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat belajar santri di Madrasah Diniyah Darul Ilmi Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo; (2) mengetahui hambatan dan pendukung kreatifitas mengajar guru dalam meningkatkan minat belajar santri di Madrasah Diniyah Darul Ilmi Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo; (3) mengetahui hasil kreatifitas mengajar guru dalam meningkatkan minat belajar santri di Madrasah Diniyah Darul Ilmi Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar santri ialah dengan menggunakan metode yang bervariasi, seperti metode ceramah, metode tanya jawab, hafalan, bernyanyi dan demonstrasi. Selain itu, dalam meningkatkan minat belajar santri dengan memberikan reward atau hadiah kepada santri yang berprestasi dan juga berani menghafalkan Asmaul Husna di depan kelas. (2) Hambatan kreatifitas mengajar di Madrasah Diniyah Darul Ilmi ialah minimnya fasilitas atau sarana dan prasarana di madrasah, kurangnya kedisiplinan santri, tingkat pendidikan ustadz. Selain itu, pendukung kreatifitas mengajar guru Madrasah Diniyah Darul Ilmi antusias dan semangat santri dalam belajar, semangat dari pribadi ustadz dalam megajar santri, dan juga adanya dukungan penuh dari wali santri sehingga proses pembelajaran di Madrasah Diniyah dapat terselenggara dengan baik. (3) Hasil kreatifitas mengajar guru dalam meningkatkan minat belajar santri di Madrasah Diniyah Darul Ilmi yaitu dapat menimbulkan antusias belajar para santri yang berpengaruh positif dalam pencapaian prestasi belajar yang optimal. Contohnya seperti, adanya keinginan dan semangat belajar yang tinggi para santri untuk berhasil dalam belajar, pembelajaran lebih bermakna di benak santri, dan juga santri lebih mudah dalam menghafal materi yang telah diajarkan oleh ustadz dan ustadzah, seperti menghafalkan Asmaul Husna, Doa-doa harian, dan juga surah-surah pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 00:53
Last Modified: 24 Jun 2022 00:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19918

Actions (login required)

View Item View Item