Pengaruh Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX di MTs Maarif Balong Ponorogo

Nafia, Robitoh Firoza Wahyu (2022) Pengaruh Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX di MTs Maarif Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180200_Robitoh Firoza Wahyu Nafia_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat merupakan suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Suatu minat dapat timbul karena memiliki keinginan untuk mengetahui dan memberikan perhatian terhadap sesuatu yang diminati. namun sayangnya di MTs Maarif Balong, khususnya kelas IX minat belajarnya masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan hasil skor penyebaran angket yang dilakukan. Adapun minat belajar ini dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor jasmaniah dan faktor psikologis. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas IX di Mts Maarif Balong Ponorogo. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap minat belajar siswa kelas IX di Mts Maarif Balong Ponorogo. (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap minat belajar siswa kelas IX di Mts Maarif Balong Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MTs Maarif Balong Ponorogo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penedekatan kuantitatif yang bersifat regresi dengan perhitungan SPSS. Teknik analisis data menggunakan rumus statiska regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Adapun populasi penelitian sebanyak 52 siswa. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument dalam pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa: (1) variabel teman sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa kelas IX di MTs Maarif Balong Ponorogo. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan diperoleh informasi bahwa Sig. (0,000) < α (0,05) sehingga tolak H0. Adapun nilai R Square (R2) sebesar 0,299 atau 29,9% yang dapat diartikan bahwa variabel teman sebaya (X1) memiliki kontribusi sebesar 29,9% terhadap variabel minat belajar siswa (Y) dan 70,1% dipengaruhi faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti oleh peneliti. (2) variabel motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa kelas IX di MTs Maarif Balong Ponorogo. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan diperoleh informasi bahwa Sig. (0,000) < α (0,05) sehingga tolak H0. Adapun nilai R Square (R2) sebesar 0,333 atau 33,3% yang dapat diartikan bahwa variabel motivasi belajar (X2) memiliki kontribusi sebesar 33,3% terhadap variabel minat belajar siswa (Y) dan 66,7% dipengaruhi faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti oleh peneliti. (3) variabel teman sebaya dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa kelas IX di MTs Maarif Balong Ponorogo. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan diperoleh informasi bahwa Sig. (0,000) < α (0,05) sehingga tolak H0. Adapun nilai R Square (R2) sebesar 0,402 atau 40,2%. Nilai tersebut menggambarkan bahwa variabel teman sebaya (X1) dan motivasi belajar (X2) memiliki kontribusi sebesar 40,2% terhadap variabel minat belajar siswa (Y) dan 59,8% dipengaruhi faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 08:09
Last Modified: 23 Jun 2022 08:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19904

Actions (login required)

View Item View Item