Pemanfaatan Media Pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam (SKI)untuk Meningkatkan Minat dan Keaktifan Siswa di Kelas VII MTs Wali Songo, Kebonsari, Madiun.

Sholikah, Mar'atus (2022) Pemanfaatan Media Pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam (SKI)untuk Meningkatkan Minat dan Keaktifan Siswa di Kelas VII MTs Wali Songo, Kebonsari, Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180141-MAR'ATUS SHOLIKAH-PAI-.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sholikah, Mar’atus. 2022. Pemanfaatan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk Meningkatkan Minat Membaca dan Keaktifan Belajar Siswa di Kelas VII MTs Wali Songo, Kebonsari, Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Rohmaturrasyidah Ratnawati, M.Pd.I.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Minat Siswa dan Keaktifan Siswa.

Media pembelajaran adalah sarana atau alat bantu pendidikan yang bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan kepada peserta didik dengan tujuan membantu ketercapaian dari tujuan pembelajaran. Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam termasuk ke dalam kategori yang sulit, dikarenakan mata pelajaran tersebut berisi tentang materi-materi yang kejadiannya sudah lampau dan bersifat menghafal serta mengingat. Dalam hal ini, guru SKI di MTs Wali Songo juga terus berupaya untuk mengentaskan siswa dari permasalahan tersebut. Salah satunya yaitu, dengan memanfaatkan media pembelajaran visual yang berupa peta gambar, peta konsep, kartu huruf, stik es krim dan teka-teki silang. Media audiovisual yang berupa film, video, power point. Media cetak berupa buku pegangan siswa, peta dunia dan kartu huruf. Ada beberapa kendala dalam guru memanfaatkan media pembelajaran SKI ini, yaitu tingkat SDM siswa dalam memahami materi SKI yang kompleks berbeda-beda. Pemanfaatan dari penggunaan media pembelajaran visual, media audiovisual dan media cetak ini yang paling berdampak dalam meningkatkan minat belajar siswa dan keaktifan belajar siswa adalah media visual yang berupa buku pedoman siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam meningkatkan minat dan keaktifan siswa di kelas VII MTs Wali Songo, Kebonsari, Madiun, (2) mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam memanfaatkan media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk meningkatkan minat dan keaktifan siswa di kelas VII MTs Wali Songo, Kebonsari, Madiun, (3) mendeskripsikan dampak pemanfaatan media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam meningkatkan minat dan keaktifan siswa di kelas VII MTs Wali Songo, Kebonsari, Madiun.
Untuk menjawab penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik menganalisis datanya menggunakan model Miles, Huberman dan Salfada yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan penelitian dan triangulasi data.
Hasil penelitian, menunjukkan: (1) guru SKI dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk meningkatkan minat membaca dan keaktifan belajar siswa yaitu dengan penggunaan media visual, media audiovisual serta media cetak (buku pegangan siswa, peta dunia dan kartu huruf, (2) terdapat beberapa faktor kendala yang dialami oleh guru SKI dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk meningkatkan minat membaca dan keaktifan belajar siswa yaitu SDM siswa sehingga dalam menerima dan memahami materi SKI yang kompleks dan menyeluruh berbeda-beda. (3) dampak pemanfaatan media visual, audiovisual dan cetak dalam pembelajaran SKI ini, buku pegangan siswa mampu meningkatkan minat membaca siswa dan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 08:04
Last Modified: 23 Jun 2022 08:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19899

Actions (login required)

View Item View Item