Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Peluang Kerja Lulusan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (Studi kasus di SMK Negeri 3 Madiun)

Santoso, Rudi (2022) Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Peluang Kerja Lulusan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (Studi kasus di SMK Negeri 3 Madiun). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502200026_ Rudi Santoso_MPI.pdf

Download (994kB) | Preview

Abstract

STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PELUANG KERJA LULUSAN DI DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI
(Studi kasus di SMK Negeri 3 Madiun)
ABSTRAK
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), adalah sekolah yang mencetak dengan keahlian khusus dimana lulusan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) diharapkan dapat langsung bekerja di dunia usaha dan dunia industri. atau dengan keterampilan kewirausahaan. Sehingga dibutuhkan strategi kerja sama antara sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dari sekolah untuk mewujudkan hal tersebut. SMK Negeri 3 Madiun melakukan strategi kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri untuk mewujudkan hal tersebut.
Dari strategi sekolah dalam meningkatkan peluang kerja lulusan, diharapkan dapat memaksimalkan keterserapan yang ada dilingkungan SMK Negeri 3 Madiun. Terdapat 54% lulusan yang terserap, diharapkan dengan memaksimalkan strategi dan keterampilan sekolah menjadikan keterserapan menjadi 80%.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) apa faktor Internal (kekuatan dan kelemahan lulusan SMK Negeri 3 Madiun). (2) Faktor External (peluang dan ancaman lulusan SMK Negeri 3 Madiun). (3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan pelung kerja lulusan SMK Negeri 3 Madiun di dunia usaha dan dunia industri.
Penelitan ini termasuk penelitian kualitatif deskriftif dengan pendekatan studi kasus di SMK Negeri 3 Madiun. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis dengan model interaktif yang dilakukan dengan empat tahapan yaitu: pengumpulan data, display data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menghasilkan temuan: (1) faktor Internal (kekuatan dan kelemahan lulusan SMK Negeri 3 Madiun). (2) Faktor External (peluang dan ancaman lulusan SMK Negeri 3 Madiun). (3) Strategi kerja sama kepala sekolah dalam meningkatkan peluang kerja lulusan SMK Negeri 3 Madiun di dunia usaha dan dunia industri. dengan adanya strategi tersebut dapat memperbanyak keterserapan lulusan yang diterima bekerja. siswa telah dibekali dengan kemampuan pembelajaran yang cukup agar bisa bersaing di dunia kerja, mulai dari ilmu teori hingga praktek kerja. Dan juga siswa dibekali keterampilan teaching factory untuk membekali siswa dengan keterampilan khusus sebelum lulus.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:59
Last Modified: 23 Jun 2022 07:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19896

Actions (login required)

View Item View Item