IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SDIT AR-RAHMAH PACITAN

'Aaliyah, Yasmin Nadziirotul (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SDIT AR-RAHMAH PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180248_YASMIN NADZIIROTUL 'AALIYAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Yasmin Nadziirotul ‘Aaliyah, NIM. 203180248 Dengan Judul “Implementasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran PPKN di SDIT Ar-Rahmah Pacitan”. Pembimbing: Athok Fu‟adi, M. Pd.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, PPKN
Belajar dirumah telah menjadi bagian dari kehidupan sehai-hari yang baru selama pandemi . Namun keterbatasan infrastruktur pendidikan dan teknologi yang mungkin ada di setiap daerah perlu segera disesuaikan. Guru berupaya untuk meraimaikan suasana pembelajaran dengan asik, kreatif dn inovatif yang menarik bagi siswa. Persediaan materi sangat terbatas, karena banyak guru mengakui bahwa masalah pendidikan ini bukan karena kurangnya penguasaan guru, tetapi karena pandemi. Tentunya permasalahan yang dihadapi proses pembelajaran daring di masa pandemi akan menemukan solusi inovatif untuk memfasilitasi keberhasilan pembelajaran. SDIT Ar-Rahmah Pacitan merupakan sekolahan yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran PPKN di SDIT Ar-Rahmah Pacitan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu pertama, perencanaan pembelajaran daring guru telah melakukan identifikasi karakter siswa, menetapkan tujuan pembelajaran, mengembangkan strategi pembelajaran dan bahan ajar, dan membuat mekanisme penilaian. Kedua, pelaksanaan pembelajaran daring guru melaksanakan pembelajaran daring, menerapkan model pembelajaran yang mampu mengakomodasi pembelajaran jarak jauh, dan mengakomodasi peran pendampingan orangtua, siswa mampu menguasai alat dan media pembelajaran. Ketiga, evaluasi pembelajaran daring guru melaksanakan pengamatan sikap dan tindak lanjut terhadap sikap siswa, melaksanakan penilaian tertulis berupa ulangan harian, penilaian tengah semester dan
penilaian akhir. Keempat, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring, faktor penghambat membuat siswa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ATHOK FU'ADI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2022 00:46
Last Modified: 24 Jun 2022 00:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19894

Actions (login required)

View Item View Item