Pengunaan Google Formulir Sebagai Media Pembelajaran Dan Penugasan Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas IX Di SMP Ma'arif 1 Ponorogo

Septiana, Nila Dewi (2022) Pengunaan Google Formulir Sebagai Media Pembelajaran Dan Penugasan Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas IX Di SMP Ma'arif 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317171_NILA DEWI SEPTIANA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Septiana, Nila Dewi. 2022. Penggunaan Google Formulir Sebagai Media Pembelajaran Dan Penugasan Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas IX di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen pembeimbing Ayunda Riska Puspita, MA.
Kata Kunci: Media, Google Formulir, Pembelajaran Fikih
Media pembelajaran merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan materi dalam pembelajaran. Media pembelajaran ini digunakan untuk meningkatkan pembelajaran. Membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan guru dapat dicapai. Pada penelitian ini membahas penggunaan google formulir sebagai media pembelajaran dan pemberian tugas kepada siswa. Dari penggunaan media google formulir tersebut masih terdapat beberapa anak yang tidak merespon link yang diberikan oleh guru.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses penggunaan google formulir sebagai media pembelajaran dan media penugasan pada mata pelajaran Fikih; (2) menjelaskan kendala dan faktor pendukung penggunaan google formulir sebagai media pembelajaran dan media penugasan pada mata pelajaran Fikih. (3) menjelaskan hasil penggunaan google formulir sebagai media pembelajaran dan media penugasan pada mata pelajaran Fikih;
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif study kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berdasarkan Miles Huberman dan Saldana yang mliputi kondensi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah, pertama, Pembuatan google formulir sebagai media pembelajaran dan penugasan merupakan keputusan dari pihak sekolah tidak hanya pada mata pelajaran Fikih tetapi juga pada mata pelajaran yang lainnya. Untuk pembelajaran masa pandemi google formulir dirancang dengan tahap persiapan guru menyiapkan materi dan merancang desain untuk pemberikan materi berisi teks atau materi dan membuat pengaturan dalam mengakses materi. Sedangkan pada penugasan ada perbedaan pada desainnya yaitu berupa jenis–jenis desain soal yang akan dibuat seperti pilihan ganda maupun essay. Kemudian terakhir diberikan pengaturan waktu pengerjaan tugas tersebut. Kedua, kendala penggunaan google formulir sebagai media pembelajaran dan penugasan yaitu siswa kesulitan saat mengakses tugas dan materi dikarenakan mereka kesulitan sinyal, selain itu juga siswa tidak memiliki kuota internet dan pulsa sehingga terlambat dalam mengisi atau menjawab tugas yang diberikan, dan bahkan terdapat siswa yang tidak mengerjakan tugas. Dan untuk faktor pendukung penggunaan google formulir ini yaitu siswa 90% memiliki handphone, dan google formulir bisa dan mudah dikirim lewat WhatsApp group kelas. Ketiga, Hasil dari penggunaan google formulir bisa dikatakan sebagian besar siswa mendapatkan nilai rata-rata 80. Tetapi masih ada beberapa anak yang mendapatkan nilai yang dibawah KKM. Penggunaan google formulir ini sudah dapat dikatan cukup baik, akan tetapi google formulir hanya dapat menilai kognitif saja tidak dapat menilai afektifnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 05:45
Last Modified: 23 Jun 2022 05:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19890

Actions (login required)

View Item View Item