Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Kegiatan Hadrah dan Yasinan Rutinan Bagi Masyarakat di Desa Pingkuk Magetan

Firdaus, Laily Kautsar Miftahul (2022) Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Kegiatan Hadrah dan Yasinan Rutinan Bagi Masyarakat di Desa Pingkuk Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180350_LAILY KAUTSAR MIFTAHUL FIRDAUS_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Firdaus, Laily Kautsar Miftahul. 2022. Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Kegiatan Hadrah dan Yasinan Rutinan Bagi Masyarakat di Desa Pingkuk Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sugiyar, M.Pd.I
Kata Kunci: Nilai-Nilai Keagamaan, Hadrah, Yasinan, Masyarakat
Nilai-nilai agama sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena nilai-nilai agama merupakan pedoman dalam menjalankan kehidupan. Maka dari itu, setiap individu harus dibekali nilai-nilai agama agar di dalam dirinya mempunyai akhlak dan budi pekerti yang baik. Di Desa Pingkuk Magetan, tepatnya di RT 10 mempunyai kegiatan keagamaan yang berguna untuk menanamkan nilai-nilai agama pada masyarakat. Kegiatan tersebut ialah hadroh dan yasinan rutinan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan hadroh dan yasinan rutinan di Desa Pingkuk Magetan, (2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan kegiatan hadroh dan yasinan rutinan di Desa Pingkuk Magetan, dan (3) Mengetahui dampak pelaksanaan kegiatan hadroh dan yasinan rutinan di Desa Pingkuk Magetan.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus, serta dilaksanakan di Desa Pingkuk Magetan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari ketua yasinan, ketua hadroh, dan salah satu masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini juga dilengkapi dengan teknik pengkodean.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Kegiatan hadrah dan yasinan ini rutin dilakukan oleh masyarakat di desa Pingkuk. Grup hadrah terdiri dari ibu-ibu dengan anggota berjumlah 15 orang. Latihan rutin dilakukan setiap malam kamis pukul 19.30 WIB dengan cara latihan vocal dan gendang yang bertempat di mushola Ar-Rahman. Kegiatan yasinan terdiri dari ibu-ibu, bapak-bapak, serta anak-anak yang jumlahnya 50 orang, dilakukan sebulan sekali setiap pukul 19.30 WIB dilaksanakan di kediaman jamaah secara bergantian. Kegiatan yasinan ini diawali dengan penampilan grup hadrah, dilanjutkan pembacaan yasin dan tahlil, doa, asmaul husna, mauidhoh hasanah, dan penutup. (2) Faktor pendukung dalam kegiatan hadrah diantaranya alat hadrah sudah milik sendiri yang berjumlah 17 gendang, setelah kegiatan hadrah biasanya diberi jajanan. Sedangkan dalam kegiatan yasinan sarana dan prasarana sudah milik sendiri seperti mikrofon yang berjumlah 5, dan sound system. Sedangkan faktor penghambat kegiatan hadrah yaitu kurangnya vokalis dan kurangnya minat masyarakat dalam mengikuti. Untuk faktor penghambat yasinan diantaranya kurangnya minat dan kesadaran masyarakat dalam mengikutinya.(3) Dampak pelaksanaan kegiatan hadroh dan yasinan rutinan di DesaPingkuk Magetan diantaranya menentramkan hati, semakin mendalami ilmu agama, mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW dan juga mendapatkan kepedulian sosial dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 05:45
Last Modified: 23 Jun 2022 05:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19889

Actions (login required)

View Item View Item