PROBLEMATIKA DALAM INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS SANTRI MELALUI KEGIATAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH DI PONDOK PESANTREN AL IMAN PUTRA NGAMBAKAN BANGUNREJO SUKOREJO PONOROGO

Al-hikami, Febi Januar (2022) PROBLEMATIKA DALAM INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS SANTRI MELALUI KEGIATAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH DI PONDOK PESANTREN AL IMAN PUTRA NGAMBAKAN BANGUNREJO SUKOREJO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180313_FEBI JANAR AL-HIKAMI_PAI_110605.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Problematika dalam Internalisasi Karakter Problematika dalam internalisasi karakter religius melalui shalat dhuha berjamaah di pondok pesantren Al Iman dari aspek keyakinan, peribadatan, penghayatan dan dan pengetahuan maka muncul permasalahan dari membaca Al Qu’ran yaitu santri masih banyak yang belum bisa menguasai makhorijul huruf, pelaksanaan shalat dhuha yaitu santri masih belum hafal bacaan shalat dhuha, hafalan surat-surat pendek yaitu masih banyak santri yang belum hafal dari bacaan surat pendek dan santri belum mengimplikasikan bacaan doa harian di kehidupan sehari-hari.
Penelitian yang bertujuan mengetahui pelaksanaan, permasalahan dan solusi dalam mengatasi problematika yang dihadapi dalam internalisasi karakter religius santri melalui kegiatan shalat dhuha berjamaah di Pondok Pesantren Al Iman Putra. Sehingga dapat mengetahui tujuan yang dilakukan dalam internalisasi nilai karakter religius santri.
Untuk menjawab pernyataan di atas, penelitian ini dirancang dengan rancangan jenis penelitian lapangan yaitu melihat gejala yang ada di lapangan. Sehingga perlu dilakukan penelitian langsung ke lapangan. Penelitian kualitatif pada hakikatnya ialah mengamati orang dalam orang dalam lingkungan hidupnya, berinteraksi dengan mereka, berusaha memahami bahasa dan tafsiran mereka tentang dunia sekitarnya,
Dalam internalisasi karakter religius santri melalui kegiatan shalat dhuha berjamaah pendampingan oleh Ustadz. Kemudian ustadz yang kewajiban untuk membimbing dalam lancarnya kegiatan membaca Al Qur’an, pelaksanaan shalat dhuha, menghafal surat-surat pendek serta membaca doa sehari-hari. Pelaksanaan dalam internalisasi karakter religius santri melalui shalat dhuha berjamaah santri senantiasa mengikuti arahan dan nasihat Ustadz ketika menanamkan karakter religius supaya kelak akan menjadi santri yang patuh. Ustadz ikut hadir memberikan pendampingan selama santri membaca Al Qur’an sampaipelaksanaan shalat dhuha berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 05:45
Last Modified: 23 Jun 2022 05:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19888

Actions (login required)

View Item View Item