Penerapan TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XII A Pada Mata Pelajaran SKI Di MA Ma'arif Balong Ponorogo

Sholihah, Hidayatus (2022) Penerapan TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XII A Pada Mata Pelajaran SKI Di MA Ma'arif Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180097_Hidayatus Sholihah_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sholihah, Hidayatus. 2022. Penerapan TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XII A pada Mata Pelajaran SKI Di MA Ma’arif Balong Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan Institut Agama negeri Ponorogo. Pembimbing, Dedi Hasnawan, M.Pd.

Kata Kunci: Penerapan, TGT (Teams Games Tournament), Motivasi Belajar, SKI
Masa pembelajaran yang mulai kembali seperti biasa (luring) sudah mulai diberlakukan di sekolah-sekolah Ponorogo. Salah satunya adalah MA Ma’arif Balong. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti ternyata proses pembelajaran pada mata pelajaran SKI yang dilakukan masih terkesan monoton dengan metode ceramah yang membuat peserta didik merasa bosan dan tidak memperhatikan guru bahkan mengantuk di dalam kelas. Hal ini dibuktikan melalui wawancara dengan beberapa peserta didik yang mengatakan bahwa perlu adanya sesuatu yang baru dalam sebuah proses pembelajaran agar lebih menarik dan menambah motivasi belajar. Apalagi sebagai salah satu mata pelajaran yang penting dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam, maka proses pengenalan SKI harus berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dengan adanya penerapan TGT, peserta didik diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajarnya melalui kerjasama dan kompetisi dalam memahami materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiapakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XII A pada mata pelajaran SKI di MA Ma’arif Balong dan untuk mengetahui dampak dari penerapan TGT (Teams Games Tournament) terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XII A pada mata pelajaran SKI di MA Ma’arif Balong Ponorogo. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Seperti yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart penelitian tindakan ini diawali oleh suatu kajian terhadap sebuah masalah yang terjadi di kelas secara sistematis. Hasil dari kajian ini kemudian dijadikan dasar untuk menyusun rencana kerja berupa tindakan sebagai upaya untuk memecahkan atau mengatasimasalah tersebut. Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan observasi dan evaluasi yang hasilnya nanti digunakan sebagai masukan dalam refleksi. Kemudian hasil refleksi akan dijadikan dasar untuk menentukan perbaikan serta penyempurnaan tindakan selanjutnya. Hasil dari penelitian ini motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup baik yaitu kategori tinggi yang semula menunjukkan presentase sebesar 12% meningkat menjadi 34%, kategori sedang yang semula 46% meningkat menjadi 58%, dan kategori rendah yang semula 42% menurun menjadi 8%.Selain itu, penerapan TGT mampu menumbuhkan minat dan semangat peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. TGT juga mengasah kemampuan peserta didik dalam berkompetisi dan menjadi lebih aktif dalam berpartisipasi serta berkompetisi untuk mengemukakan jawabannya.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XII A pada mata pelajaran SKI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dedi Hasnawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 05:43
Last Modified: 23 Jun 2022 05:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19884

Actions (login required)

View Item View Item