NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB ALĀLĀ KARYA MUHAMMAD ABU BASYIR DAN KONTEKSTUALISASINYA DALAM PEMBELAJARAN DARING

Alwi, Idris Hasan (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB ALĀLĀ KARYA MUHAMMAD ABU BASYIR DAN KONTEKSTUALISASINYA DALAM PEMBELAJARAN DARING. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETHESIS 201180332 IDRIS HASAN ALWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alwi, Idris, Hasan. 2022. Nilai- Nilai pendidikan Karakter dalam Kitab Alālā karya Muhammad Abu Basyir dan Kontekstualisasinya dalam Pembelajaran Daring. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan (FATIK) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN). Pembimbing, Drs. Kasnun, M.A

Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Nadzam Alālā, Pembelajaran Daring.

Pembelajaran daring menjadi tantangan tersendiri baik bagi siswa, wali, maupun guru sejak pandemi terjadi. Di sisi lain, banyak pelajar yang bersikap latah dalam mengoperasikan perangkat teknologi pembelajaran berbasis digital dan cenderung kurang beretika saat pembelajaran berlangsung di kelas virtual. Kitab Alālā yang merupakan ringkasan dari kitab Ta’limul Muta’allim karya Syekh Al-Zarnuji berisikan motivasi dan tuntunan bagi seorang pembelajar menurut hemat peneliti masih relevan dalam konteks pembelajaran daring.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan nilai- nilai pendidikan karakter dalam kitab Alālā karya Syaikh Muhammad Abu Basyir Ar Romawi. (2) Mengetahui bagaimana kontesktualisasinya nilai nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran daring.
Penelitian ini menggunakan pendekatan library research atau penelitian telaah pustaka. Sumber data primer yang digunakan adalah Kitab Alālā karya Syaikh Muhammad Abu Basyir Ar Romawi., sedangkan data sekundernya diambil dari buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan tema penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode induktif.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesesuian nilai pendidikan karakter dengan nilai pendidikan karakter dalam kitab Alālā. Diantaranya adalah: 1) Cerdas kesesuaian dengan nilai karakter kreatif, mandiri, dan tanggung jawab; 2) Sabar kesesuian dengan nilai karakter bersahabat/ komunikatif, peduli lingkungan, cinta damai, dan cinta tanah air; 3) Petunjuk guru kesesuian dengan nilai karakter religious dan menghargai prestasi; 4) Semangat kesesuaian dengan nilai karakter rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, dan gemar membaca; 5) Biaya kesesuian dengan nilai karakter peduli social, kreatif, dan kerja keras; 6) Waktu yang lama memiliki kesesuaian dengan nilai karakter semangat kebangsaan, dan demokratis. Dan juga terdapat keterkaitan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam nadzam Alālā dengan konteks Pembelajaran daring. Diantaranya adalah: 1) Nilai karakter terampil, disiplin, bijaksana, dan beretika terhadap penggunaan media komunikasi pembelajaran daring 2) Nilai karakter mawas diri, optimis dan adaptif terhadap hambatan- hambatan baik non formal ataupun formal dalam pembelajaran daring, 3) Nilai karakter patuh, memuliakan guru, dan tanggung jawab terhadap perintah dan kebijakan guru ataupun orang tua, 4) Nilai karakter ambisius, dan selektif dalam semangat menuntut ilmu dalam pendidikan daring, 5) Nilai karakter mandiri, kreatif, dan hemat terhadap situasi ekonomi selama pendidikan daring, 6) Nilai Karakter efektif dan efisiensi terhadap durasi pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kasnun
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:45
Last Modified: 23 Jun 2022 05:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19870

Actions (login required)

View Item View Item