Peran Orangtua Dalam Pembinaan Karakter Disiplin Belajar Pasca Masa Pandemi Pada Anak Kelas 2 MI Al-Fajar Kedunggalar Ngawi

Nurhidayah, Siti (2022) Peran Orangtua Dalam Pembinaan Karakter Disiplin Belajar Pasca Masa Pandemi Pada Anak Kelas 2 MI Al-Fajar Kedunggalar Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Siti Nurhidayah_210617082_Ethesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurhidayah, Siti.2022. Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Karakter Disiplin Belajar Pasca
Masa Pandemi Pada Anak Kelas 2 Mi Al-Fajar Kedunggalar Ngawi.
Skripsi.Jurusan PendidikanGuru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ika
Rusdiana, MA.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivator, Fasilitator, Disiplin Belajar.
Orang tua memiliki peran yang besar dalam diri seorang anak terutama dalam pendidikan
anak dan juga tidak terkecuali pada pembinaan karakter disiplin belajar pada anak, dikarenakan
karakter disiplin tidak terbentuk secara instan maka tetap ada proses pembentukan disiplin
belajar salah satunya yakni dengan peran orang tua, karena peran orang tua sangat penting untuk
tumbuh kembag anak terutama peran orang tua dirumah. Peran orang tua dirumah antara lain
yakni sebagai motivator dan fasilitator bagi anak. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk
mendisiplinkan anaknya baik dalam hal ibadah, bersama lingkungan maupun dalam belajarnya.
Disiplin sendiri tidak dapat di bangun secara instan dibutuhkan proses yang panjang agar
melekat kuat dalam diri seorang anak, oleh karena itu disiplin harus dilakukan sejak dini agar
mereka belajar hal-hal baik utuk mempersiapkan di masa dewasa.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Peran Orangtua sebagai
Motivator dalam Pembinaan Karakter Disiplin Belajar pasca masa Pandemi pada anak kelas 2
MI Al Fajar Kedunggalar Ngawi dan (2) Peran Orangtua sebagai Fasilitator dalam Pembinaan
Karakter Disiplin Belajar pasca masa Pandemi pada anak kelas 2 MI Al Fajar Kedunggalar
Ngawi.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan
pendekatan kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi
wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)peran Orangtua sebagai Motivator dalam
Pembinaan Karakter Disiplin Belajar pasca masa Pandemi pada anak kelas 2 MI Al Fajar
Kedunggalar Ngawi di wujudkan dengan membimbing anak pelan-pelan dalam belajar,
menasehati anak terkait pentingnya belajar dan sekolah untuk masa depan serta pemberian
reward sebagai bentuk apresiasi kepada anak atas pencapaian hasil belajar hal tersebut bisa
menjadi dobrakan semangat anak dalam belajar dan anak mulai terbiasa disiplin belajar. (2)peran
Orangtua sebagai Fasilitator dalam Pembinaan Karakter Disiplin Belajar pasca masa Pandemi
pada anak kelas 2 MI Al Fajar Kedunggalar Ngawi diwujudkan dengan meluangkan waktu untuk
mendampingi anak dalam belajar serta mencukupi fasilitas yang menjadi kebutuhan anak dalam
belajar, hal ini mampu membangkitkan semangat anak dalam belajar sehingga anak menjadi
disiplin rajin dan tertib dalam belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:44
Last Modified: 23 Jun 2022 04:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19869

Actions (login required)

View Item View Item