PERAN MUSYRIFIN “KAMAR KITAB” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NAHWU SHARAF SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO

Baihaqi, Elfaud (2022) PERAN MUSYRIFIN “KAMAR KITAB” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NAHWU SHARAF SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180303_ELFAUD BAIHAQI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Baihaqi, Elfaud. 2022. Peran Musyrifin “Kamar Kitab” untuk Meningkatkan Pemahaman Nahwu Sharaf Santri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci: Musyrifin, Kamar kitab, Nahwu Sharaf, Pondok Pesantren
Berbagai upaya telah di lakukan oleh Pondok Pesantren Darul Huda Mayak dalam mendidik santri-santri yang unggul dalam ilmu agama. Selain itu Pondok Pesantren Darul Huda juga mendidik para santri agar menjaga dan mempelajari ilmu-ilmu dari karangan ulama terdahulu yaitu kitab kuning, dengan tujuan santri berilmu dengan landasan yang jelas. Pondok Pesantren Darul Huda memberikan fasilitas yang di namakan kamar kitab dengan musyrifin kamar khusus dan jam tambahan khusus bagi santri yang mempunyai minat tinggi dalam mempelajari ilmu tentang kitab kuning dan mendalami ilmu nahwu sharaf. Musyrifin yang dimaksud disini adalah pembimbing kamar, dan kamar kitab adalah tempat khusus untuk santri yang memiliki minat belajar tinggi. Upaya pondok pesantren memberikan fasilitas tersebut bertujuan agar santri yang memiliki semangat tinggi, mendapatkan jam tambahan untuk mempelajari ilmu kitab dengan pembimbing pilihan dan mencetak kader-kader baru untuk di adikan panutan bagi santri lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendesrkripsikan pelaksanaan program kamar kitab di Pondok Pesantren Darul Huda (2) mendeskripsikan metode apa saja yang digunakan oleh musyrifin kamar kitab dalam pembelajaran (3) menjelaskan hasil dari adanya kamar kitab di Pondok Pesantren Darul Huda.
Data yang terkumpul dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga terkumpulnya data-data penelitian. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis deduktif dan induktif.
Berdasarkan analisis data, (1) Adanya program kamar kitab yaitu sebagai wadah bagi santri-santri yang berminat untuk mempelajari ilmu nahwu sharaf secara mendalam, dan mendapat bimbingan khusus dari musyrifin kamar dengan mengkaji kitab kuning di luar jam madrasah formal. (2) Musyrifin kamar kitab dalam pembelajaran menggunakan metode sorogan, bandongan, diskusi, dan hafalan. Metode tersebut digunakan agar pembelajaran santri dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik. (3) Keberhasilan dari upaya musyrifin kamar kitab dalam meningkatkan pemahaman nahwu sharaf santri yaitu santri dapat memahami ilmu nahwu sharaf dengan baik dan menerapkannya dalam kaidah membaca kitab kuning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 05:35
Last Modified: 23 Jun 2022 05:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19866

Actions (login required)

View Item View Item