..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penanaman Karakter Cinta Lingkungan Melalui Pembelajaran IPS Sub tema Etika Lingkungan SMP Negeri 1 Balong Ponorogo

Winda Hidatullaili, Winda (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penanaman Karakter Cinta Lingkungan Melalui Pembelajaran IPS Sub tema Etika Lingkungan SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180041_Winda Hidatullaili_Tadris IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hidatullaili, Winda. 2022. Penanaman Karakter Cinta Lingkungan melalui Pembelajaran IPS Sub Tema Etika Lingkungan SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd..
Kata Kunci: penanaman, Karakter Cinta Lingkungan, Pembelajaran IPS, Etika Lingkungan.
Pendidikan memiliki tujuan yang mulia bagi kehidupan dan lingkungan manusia, tetapi sekarang semakin banyak kerusakan lingkungan yang terjadi di sekitar manusia. Permasalahan lingkungan yang terjadi tidak terlepas dari perilaku manusia. Manusia cenderung mengeksploitasi lingkungan untuk kepentingannya tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan. Memudarnya cinta terhadap lingkungan pada akhirnya menyebabkan berbagai permasalah lingkungan yang berakibat pada kehidupan manusia. Permasalahan yang ditemukan di SMP Negeri 1 Balong adalah kurangnya sikap cinta lingkungan pada siswa kelas VII A. Guru IPS sudah menanamkan karakter cinta lingkungan melalui pendidikan etika lingkungan yang diintegrasikan dalam mata pelajaran IPS. Pendidikan etika lingkungan merupakan sebuah upaya untuk menumbuhkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan siswa dalam menghadapi persoalan lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penanaman karakter cinta lingkungan melalui pendidikan etika lingkungan dan implikasi dari penanaman karakter cinta lingkungan melalui pendidikan etika lingkungan pada pembelajaran IPS SMP Negeri 1 Balong Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah Guru IPS dan siswa kelas VII A. Adapun objek penelitian ini adalah penanaman karakter cinta lingkungan melalui pendidikan etika lingkungan pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarkan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Langkah-langkah penanaman karakter cinta lingkungan di SMP Negeri 1 Balong dilakukan dengan guru IPS memberikan pemahaman pada siswa terkait etika lingkungan, melakukan diskusi terkait persoalan lingkungan untuk membentuk sikap kritis siswa, mengajak siswa untuk mengamati lingkungan sekolah dan melakukan tindakan cinta lingkungan. Selain itu, guru memberi keteladanan dan pembiasaan untuk menguatkan karakter cinta lingkungan pada diri siswa. (2) Implikasi penanaman karakter cinta lingkungan melalui pendidikan etika lingkungan dalam pembelajaran IPS adalah siswa memiliki kesadaran, pengetahuan, sikap, keterampilan dan ikut berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Siswa memiliki rasa tanggungjawab terhadap kebersihan kelas, merawat tanaman, membersihkan kamar mandi, menghemat air dan listrik, memanfaatkan sampah menjadi bernilai, dan mengompos sampah organik. Siswa juga merasa senang dan bersemangat ketika mengikuti kegiatan cinta lingkungan seperti sabtu bersih dan kegiatan kerja bakti bulanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:43
Last Modified: 23 Jun 2022 04:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19865

Actions (login required)

View Item View Item