Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Untuk Peningkatan Terhadap Materi Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas 9 Smp Negri 1 Siman

Suprianto, Joko (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Untuk Peningkatan Terhadap Materi Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas 9 Smp Negri 1 Siman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Joko Suprianto 208180059 TADRIS IPS SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suprianto Joko, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Untuk Peningkatan Terhadap Materi Siswa Pada Pembelajaran Ips Kelas 9 Smpn 1 Siman. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama islam (IAIN) Ponorogo, Pembimbing
Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran, Kooperatif Learning, Peningkatan Terhadap Materi.
Bebagai upaya telah dilakukan oleh para guru dalam rangka meningkatkan pembelajaran materi ilmu pengetahuan sosial. Upaya yang dilakukan oleh para guru yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif learning. Model pembelajaran ini seorang guru memberikan materi kepada siswa kemudian siswa diberi waktu untuk mengerjakan, setelah selesai perwakilan dari salah satu kelompok maju kedepan untuk mempersentasikan hasil kerja samanya dan di lanjutkan tanya jawab.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif learning di kelas 9 SMP Negri 1 Siman. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran kooperatif learning untuk peningkatan terhadap materi siswa pada pembelajaran ips kelas 9 smpn 1 siman. (3) Untuk mengetahui hasil penerapan model kooperatif learning untuk peningkatan terhadap materi siswa pada pembelajaran ips kelas 9 smpn 1 siman.
Penelitian ini merupan penelitian setudi kasus dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data di temukan bahwa penggunaan model pembelajaran tersebut mereka merasa nyaman, senang, asik dan tidak lagi merasa jenuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:42
Last Modified: 23 Jun 2022 04:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19862

Actions (login required)

View Item View Item