..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI MI DARUL KHAIR NGRAYUN

Pertiwi, Dewi Indah (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI MI DARUL KHAIR NGRAYUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180030_Dewi Indah Pertiwi_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pertiwi, Dewi Indah. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang di MI Darul Khair Ngrayun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si.
Kata kunci : Hasil Belajar, Media Audio Visual, Pembelajaran Matematika
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual pada pembelajaran matematika di MI Darul Khair Ngrayun pada materi bangun ruang, dan menganalisis apakah ada peningkatan setelah mengimplementasikan Media Audio Visual pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang di MI Darul Khair Ngrayun.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Desaign (non-design). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest desaign, yang terdapat pretest sebelum dilakukan perlakuan dan terdapat posttest sesudah diberi perlakuan yang digunakan sebagai pembanding pada 18 siswa kelas II. Pada penelitian ini hanya melibatkan satu kelas perlakuan dan eksperimen untuk mengetahui penerapan media audio visual untuk peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran matematika pada materi bangun ruang siswa kelas II semester 2 MI Darul Khair Ngrayun.
Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika karena guru tidak menggunakan media pembelajaran, siswa cenderung pasif saat proses pembelajaran berlangsung karena siswa cenderung belum bisa memahami materi bangun ruang, belum ada media dalam menyampaikan materi pembelajaran maka materi yang disampaikan kurang dapat dipahami, pemahaman materi siswa masih tergolong rendah, dan hasil belajar siswa sangat rendah dalam pembelajaran matematika.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Uji T diperoleh nilai Sig. sebesar 0. 002 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat perbedaan rata-rata nilai sebelum menggunakan media audio visual dengan sesudah menggunakan media audio visual. Dengan perbedaan rata-rata sebesar 15.56 dimana nilai rata-rata sesudah menggunakan media audio visual lebih tinggi yaitu 73.05 dan nilai rata-rata sebelum menggunakan media audio visual adalah 57.50. Sehingga dapat disimpulkan metode pembelajaran Media Audio Visual memengaruhi hasil belajar siswa, dikarenakan nilai sesudah menggunakan media audio visual memiliki hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai sebelum menggunakan media audio visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:39
Last Modified: 23 Jun 2022 04:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19861

Actions (login required)

View Item View Item