PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS IV MIN 1 PONOROGO

Sulistiyowati, Nurul Huda (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS IV MIN 1 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180090_NURUL HUDA SULISTIYOWATI_SKRIPSI DUMMY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sulistiyowati, Nurul Huda. 2022, Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran PPKN Di Kelas IV MIN 1 Ponorogo.Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahFakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, H. Mukhlison Effendi,M.Ag.
Kata Kunci :Model Discovery Learning, Pembelajaran Ppkn
Mata pelajaran PPKn merupakan mata pelajaran yang banyak mengandung teori.Pembelajaran Ppkn sangatlah penting Khususnya pada sekolah ditingkat dasar. Peran orang tua dan pendidik karakter sangat berpengaruh pada tumbuh kembang peserta didik. Selain itu metode dan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam mengajarkan pelajaran kepada peserta didik disekolah juga tidak kalah pentingnya. Salah satu model pembelajaran yang digunakan pada MIN 1 PONOROGO ini yaitu Model Pembelajaran Discovery Learning. Model ini merupakan pengajaran teori kognitif dengan mengutamakan peran guru dalammenciptakan situasi belajar yang melibatkan siswa belajar secara aktif danmandiri. Berdasarkan hasil awal yang dilakukan di MIN 1 PONOROGO tampak bahwa pada pembelajaran siswa kelas IV di madrasah ini, masih di temukan beberapa permasalahan, salah satunya gaya belajar guru cenderung monoton, kurangnya kreatifitas guru dalam mengajar, mimimnya motivasi belajar siswa sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran. Hal ini menunjukkan belum maksimalnya penerapan model pembelajaran pada kelas tersebut.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Ppkn Di Kelas IV Min 1 Ponorogo. (2) Untuk mengetahui factor Penghambat Dan Pendukung Dalam Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Ppkn Di Kelas IV Min 1 Ponorogo. (3) Untuk mengetahui Hasil Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Ppkn Di Kelas IV Min 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana peneliti deskriptif tidak dimaksudkan menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan “ apa adanya sesuai lapangan” tentang variable atau suatu keadaan . Tahapan penelitian meliputi tahap pra penelitian, tahap pelaksanaan penelitian, tahap analisis data dan tahap penyusunan laporan.Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data meliputi pengumpulan data, data display dan verifikasi data.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Penerapanmodel pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar Ppkn siswa MIN 1 PONOROGOyaitu: (a) Pemberian rangsangan (stimulation), (b) Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement), (c) Pengumpulan data (data collection), (d) Pengolahan data (data processing),(e) Pembuktian (verification), dan (f) Menarik simpulan/ generalisasi (generalization). (2)Faktor penghambat dan Faktor pendukung penerapan model pembelajaran discovery learning dalam proses pembelajaran di MIN 1 PONOROGO. Faktor penghambatnya yaitu : a) Masih perlu adanya komunikasi antara guru dan siswa b)Guru tidak bisa mengontrol secaramaksimal dalam proses pembelajaran siswa selama pembelajaran berlangsung. Adapun Faktor pendukungnya yaitu: a) Adanya antusias dari siswa dalam mengerjakan secara berkelompok b) Siswa lebih aktif berinteraksi dan berkomunikasi antar teman c) Model pembelajarannya menarik. (3)Hasil dari pembelajaran discovery learning dalam proses pembelajaran di MIN 1 PONOROGO yaitu adanya peningkatan pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:36
Last Modified: 23 Jun 2022 04:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19858

Actions (login required)

View Item View Item