Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Melalui Pembelajaran Kitab Mutammimah Di Madrasah Diniyah Riyadlotusy Syubban PPTQ Al-Hasan Babadan Ponorogo

Susanto, Roni (2022) Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Melalui Pembelajaran Kitab Mutammimah Di Madrasah Diniyah Riyadlotusy Syubban PPTQ Al-Hasan Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RONI. S 201180430.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Susanto, Roni 2022. Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Melalui Pembelajaran Kitab Mutammimah Di madrasah Diniyah Riyadlotusy Syubban. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Sugiyar, M.Pd.I.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca Kitab Kuning, Pembelajaran Kitab Mutammimah, Madrasah Riyadlotusy Syubban.
Kemampuan membaca kitab kuning bagi seorang santri sangatlah penting. Dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning ini Madrasah Riyadlotusy Syubban memasukan pembelajaran kitab mutammimah sebagai salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan dimadrasah. Dengan adanya pembelajaran kitab mutammimah pastinya bisa memberikan dampak baik terhadap kemampuan membaca kitab para santri.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kitab mutammimah di Madrasah Diniyah Riyadlotusy Syubban (2) Bagaimana kelebihan dan kendala dalam pembelajaran kitab mutammimah di Madrasah Diniyah Riyadlotusy Syubban (3) Bagaimana peningkatan kemampuan santri dalam membaca kitab kuning setelah adanya pembelajaran kitab mutammimah.
Penelitian in bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kitab mutammimah di Madrasah Diniyah Riyadlotusy Syubban (2) Mendeskripsikan kelebihan dan kendala dalam pembelajaran kitab mutammimah di Madrasah Diniyah Riyadlotusy Syubban (3) menjelaskan peningkatan kemampuan santri dalam membaca kitab kuning setelah adanya pembelajaran kitab mutammimah.
Penerapan pembelajaran mutammimah di Madrasah Diniyah Riyadlotusy Syubban dari segi metode menggunakan sorogan dan badongan/wethonan. Metode sorogan yaitu metode seorang murid maju satu persatu secara bergiliran untuk menghadap guru dengan menyodorkan kitab yang dipelajari. Metode wethonan/badongan yaitu metode dimana seorang kiyai terlebih dahulu akan membacakan kitab tertentu disertai maknanya dengan memakai bahasa daerah atau indonesia sedangkan para santri akan menulis makna yang diucapkan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:36
Last Modified: 23 Jun 2022 04:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19857

Actions (login required)

View Item View Item