..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Analisis Kualitatif di SMAN 1 Jetis )

Fauziyah, Anis Nur (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Analisis Kualitatif di SMAN 1 Jetis ). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ANIS NUR FAUZIYAH_206180077_ MPI .pdf

Download (658kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fauziyah, Anis Nur 2022. Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SMAN 1 Jetis). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umar Sidiq, M.Ag.

Kata Kunci : Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu pendidikan

Dalam lembaga pendidikan tentunya dibutuhkan seorang kepala sekolah atau tenaga pendidik yang professional yang mampu atau bisa mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia, mampu mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Setidaknya dapat diduga adanya penyebab rendahnya mutu pendidikan di sekolah, (1) Rendahnya kualitas sarana fisik, (2) Rendahnya kualitas guru, (3) Rendahnya Kesejahteraan Guru, (4) Kurangnya pemerataan kesempatan pendidikan, (5) Rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan, (6) Mahalnya biaya pendidikan
Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk, 1) Mendeskripsikan Strategi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, 2) Memaparkan implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, 3) Mendeskripsikan dampak penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikandi SMAN 1 Jetis
Pada penulisan penelitian ini, untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian dirancang dengan rancangan deskriptif kualitatif studi kasus di SMAN 1 Jetis. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan metode analisis data dari Miles dan Huberman, yang mencakup pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan agar diperoleh hasil terbaik.
Hasil yang telah didapat dari penelitian ini yaitu, kepala sekolah menerapkan pembelajaran KBM yang sebaik-baiknya dengan terprogram dan terencana karena ini juga sangat menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Strategi Kepala sekolah sudah cukup bagus dengan memberikan arahan kepada tenaga pendidik maupun peserta didik dengan cara kepala sekolah melakukan kunjungan kelas. Selain itu kepala sekolah juga menerapkan SNP yang mana itu sangat penting dalam mutu pendidikan, manajemen sekolah juga didasarkan pada analisis SWOT yang bisa menentukan apa saja yang harus diterapkan di sekolah. Jika sudah diorientasi maka selanjutnya sekolah akan menyusun berbagai macam program jangka panjang, jangka menengah RKJM 4 tahun, rencana kerja tahunan dibuat 1 tahun sekali. Penerapan MBS disini banyak memberikan manfaat dengan adanya keleluasaan dan kebebasan yang mana bisa meningkatkan kesejahteraan guru sehingga bisa lebih berkonsentrasi pada tugas yang sudah diberikan. selain itu MBS dapat meningkatkan profesionalisme guru dan kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah, hal ini dikarenakan konsep MBS yang menghendaki kebebasan kepada guru dan sekolah tentunya dengan adanya kurikulum yang sudah terprogram disekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:34
Last Modified: 23 Jun 2022 04:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19853

Actions (login required)

View Item View Item