..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Strategi Madrasah Dalam Mengatasi Kegelisahan Hasil Belajar Ujian Madrasah Di MI Ma'arif Setono Ponorogo

Sulistyawati, Yenni Eka (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Strategi Madrasah Dalam Mengatasi Kegelisahan Hasil Belajar Ujian Madrasah Di MI Ma'arif Setono Ponorogo. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
203180249_YENNI EKA SULISTYAWATI_Pendidikan Guru MI (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sulistyawati, Yenni Eka. 2022. Strategi Madrasah dalam Mengatasi Kegelisahan Hasil Belajar Ujian Madrasah Di MI Ma’arif Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I

Kata Kunci: Strategi Madrasah, Hasil Belajar, Ujian Madrasah

Strategi madrasah merupakan kebijakan-kebijakan penting dari madrasah untuk diambil data agar digunakan sebagai patokan dalam pembuatan progam.Berbicara mengenai realita saat ini,siswa hanya akan belajar jika menghadapi ujian saja, hal tersebut mengakibatkan kurangnya pemahaman yang dimiliki siswa sehingga kurangnya penguasaan materi yang akan diujikan nantinya. Hal tersebut dikarenakankesalahan yang banyak dilakukan para pelajar ialah menunda belajar. Akibatnya, kalau waktu ujian sudah dekat, mereka buru-buru mengejar kekurangannya dalam waktu yang sangat singkat. Dalam waktu sangat terbatas mereka mempelajari bahan sangat banyak sekali yang belum pernah disentuh sebelumnya. Hasilnya adalah kekacauan dalam penguasaan bahan pengajaran dan hasil ujiannya tidak baik.Saat mengerjakan ujian madrasah kurang teliti dan terburu-buru, kurangnya kesiapan mentaldan psikis dalam menghadapi ujian madrasah.Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas VI, dan peserta didik MI Ma’arif Setono Ponorogo, diperoleh informasi bahwa saat ujian madrasah tahun lalu peserta didik mengerjakan ujian madrasah dengan menggunakan handphone karena masih masa pandemi dan jawaban yang ditulis di handphone rata-rata siswa mengalami kesalahan dan kurang teliti, dan hasil ujiannya rata-rata nilanya kurang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi madrasah dalam mengatasi kegelisahan hasil belajar ujian madrasah di MI Ma’arif Setono Ponorogo. (2) mendeskripsikan persiapan siswa dalam mengatasi kegelisahan hasil belajar ujian madrasah di MI Ma’arif Setono Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan konsep dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi madrasah dalam memaksimalkan hasil belajar ujian madrasah di MI Ma’arif Setono Ponorogo diantaranya pendataan peserta ujian madrasah dilakukan oleh satuan pendidikan melalui aplikasi PDUM Kementerian Agama, penggandaan naskah soal ujian madrasah beserta kelengkapannya dilakukan oleh masing-masing madrasah penyelenggara ujian madrasah, pengaturan ruang ujian yang digunakan aman dan layak untuk pelaksanaan ujian, serta memenuhi syarat protokol kesehatan.Melakukan administrasi biaya pelaksanaan ujian madrasah. (2) persiapan siswa dalam memaksimalkan hasil belajar ujian madrasah di MI Ma’arif Setono Ponorogomenggunakan beberapa strategi diantaranyapeserta didik memerlukan persiapan mental, persiapan untuk mengulangi dan mempelajari kembali pelajaran selama periode tertentu. Kesehatan badan termasuk bagian dari persiapan menghadapi ujian.Hal ini jelas, karena kalau kesehatan badan terganggu, maka siswa tidak dapat belajar dengan baik dan tidak dapat melaksanakan ujian dengan baik.Kepercayaan pada diri sendiri perlu dikembangkan dalam rangka persiapan menghadapi ujian.Kurang percaya pada diri sendiri dapat mengakibatkan kegugupan dan cemas.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:33
Last Modified: 23 Jun 2022 04:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19852

Actions (login required)

View Item View Item