...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Spiritual Quotient terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 2 Tegalombo Pacitan Tahun Ajaran 2021/2022

Purnawati, Ayu (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Spiritual Quotient terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 2 Tegalombo Pacitan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180283_AYU PURNAWATI_PAI.pdf

Download (980kB) | Preview

Abstract

Purnawati, Ayu. 2022. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Spiritual Quotient terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 2 Tegalombo. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dr.Ju’subaidi, M.Ag.

Kata Kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Spiritual Quotient, dan Prestasi Belajar

Proses pendidikan dapat dikatakan berhasil apabila prestasi belajar yang diperoleh siswanya baik. Prestasi belajar merupakan gambaran nyata atas keberhasilan proses belajar mengajar yang berlangsung di sekolah atau lembaga pendidikan, Selain itu, prestasi belajar juga bisa dijadikan tolak ukur dari tingkat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Masalah yang masih banyak terjadi di sekolah salah satunya banyak siswa masih memiliki prestasi belajar rendah dan degradasi internalisasi. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar rendah yaitu faktor internal dan eksternal. Lingkungan teman sebaya merupakan salah satu faktor yang menyebabkan prestasi belajar siswa rendah karena pengaruh dari lingkungan teman sebaya lebih cepat masuk kedalam jiwa. Selain itu Spiritual Quotient siswa juga mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui lingkungan teman sebaya di SMP Negeri 2 Tegalombo Pacitan, 2) mengetahui Spiritual Quotient siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tegalombo Pacitan, 3) mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tegalombo Pacitan, 4) mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Tegalombo Pacitan, 5) mengetahui pengaruh Spiritual Quotient terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Tegalombo Pacitan, 6) mengetahui pengaruh antara lingkungan teman sebaya dan Spiritual Quotient terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Tegalombo Pacitan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey, dan bentuk korelasi yang bersifat prediktif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tegalombo tahun ajaran 2021-2022, sejumlah 78 siswa. Sampel yang diambil yaitu 78 responden atau keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tegalombo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana dan regresi berganda.
Hasil penelitian ini adalah; 1) lingkungan teman sebaya kelas VIII di SMP Negeri 2 Tegalombo termasuk dalam kondisi cukup baik dengan kategori sedang yang memiliki prosentase sebesar 65,4% sebanyak 51 responden, 2) Spiritual Quotient siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tegalombo termasuk dalam kondisi cukup baik dengan kategori sedang yang memiliki prosentase sebesar 60,3% sebanyak 47 responden, 3) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 2 Tegalombo termasuk dalam kondisi cukup baik dengan kategori sedang yang memiliki prosentase sebesar 75,6% sebanyak 59 siswa. 4) lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP N 2 Tegalombo. Hasil P-value Sig < α, = Sig (0,000) < α (0,05) dengan prosentase 16,6%. 5) Spiritual Quotient berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP N 2 Tegalombo. Hasil P-value Sig < α, = Sig (0,000) < α (0,05) dengan prosentase 17,9%. 6) lingkungan teman sebaya dan Spiritual Quotient berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP N 2 Tegalombo. Hasil P-value Sig < α, = Sig (0,000) < α (0,05) yang artinya tolak H0. Lingkungan teman sebaya dan Spiritual Quotient berpengaruh sebesar 21.1% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan 78,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang dtidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:32
Last Modified: 23 Jun 2022 03:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19850

Actions (login required)

View Item View Item