..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Karakter Disiplin Belajar Pasca Masa Pandemi Pada Anak Kelas 2 MI AL-Fajar Kedunggalar Ngawi

Nurhidayah, Siti (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Karakter Disiplin Belajar Pasca Masa Pandemi Pada Anak Kelas 2 MI AL-Fajar Kedunggalar Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210617082_SITI NURHIDAYAH_SKRIPSI.doc.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhidayah, Siti.2022. Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Karakter Disiplin Belajar Pasca Masa Pandemi Pada Anak Kelas 2 Mi Al-Fajar Kedunggalar Ngawi.Skripsi.Jurusan PendidikanGuru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ika Rusdiana, MA.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivator, Fasilitator,Disiplin Belajar.
Orang tua memiliki peran yang besar dalam diri seorang anak terutama dalampendidikan anakdan juga tidak terkecuali pada pembinaan karakter disiplin belajar pada anak, dikarenakan karakter disiplin tidak terbentuk secara instan maka tetap ada proses pembentukan disiplin belajar salah satunya yakni dengan peran orang tua, karena peran orang tua sangat penting untuk tumbuh kembag anak terutama peran orangtua dirumah. Peran orangtua dirumah antara lain yakni sebagai motivator dan fasilitator bagi anak. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendisiplinkan anaknya baik dalam hal ibadah, bersama lingkungan maupun dalam belajarnya. Disiplin sendiri tidak dapat di bangun secara instan dibutuhkan proses yang panjang agar melekat kuat dalam diri seorang anak, oleh karena itu disiplin harus dilakukan sejak dini agar mereka belajar hal-hal baik utuk mempersiapkan di masa dewasa.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Peran Orangtua sebagai Motivator dalam Pembinaan Karakter Disiplin Belajar pasca masa Pandemi pada anak kelas 2 MI Al Fajar Kedunggalar Ngawi dan (2) Peran Orangtua sebagai Fasilitator dalam Pembinaan Karakter Disiplin Belajar pasca masa Pandemi pada anak kelas 2 MI Al Fajar Kedunggalar Ngawi.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)peran Orangtua sebagai Motivator dalam Pembinaan Karakter Disiplin Belajar pasca masa Pandemi pada anak kelas 2 MI Al Fajar Kedunggalar Ngawi di wujudkan dengan membimbing anak pelan-pelan dalam belajar, menasehati anak terkait pentingnya belajar dan sekolah untuk masa depan serta pemberian reward sebagai bentuk apresiasi kepada anak atas pencapaian hasil belajar hal tersebut bisa menjadi dobrakan semangat anak dalam belajar dan anak mulai terbiasa disiplin belajar. (2)peran Orangtua sebagai Fasilitator dalam Pembinaan Karakter Disiplin Belajar pasca masa Pandemi pada anak kelas 2 MI Al Fajar Kedunggalar Ngawi diwujudkan dengan meluangkan waktu untuk mendampingi anak dalam belajar serta mencukupi fasilitas yang menjadi kebutuhan anak dalam belajar, hal ini mampu membangkitkan semangat anak dalam belajar sehingga anak menjadi disiplin rajin dan tertib dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:33
Last Modified: 23 Jun 2022 03:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19845

Actions (login required)

View Item View Item