..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...KEPEMIMPINAN DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM CHARACTER BUILDING SANTRI DI MADRASAH DINIYAH AL-HUDA KARANGREJO KAWEDANAN MAGETAN

Anam, Muhammad Khoirul (2022) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...KEPEMIMPINAN DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM CHARACTER BUILDING SANTRI DI MADRASAH DINIYAH AL-HUDA KARANGREJO KAWEDANAN MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Muhammad Khoirul Anam 206180109.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anam, Muhammad Khoirul. 2022. Kepemimpinan dalam Pengembangan Program Character Building Santri di Madrasah Diniyah Al-Huda Karangrejo Kawedanan Magetan. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umar Sidiq, M.Ag.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Madrasah Diniyah, Character Building.
Pendidikan karakter (character building) untuk para pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus menjadi perhatian khusus, supaya kalangan pelajar mempunyai akhlak dan karakter yang baik dalam berkehidupan bermasyarakat di lingkungannya. Akhlak yang baik akan membawa manusia pada kehidupan yang luhur, terkhusus para pelajar harus menjunjung nilai luhur tersebut, karena adab lebih diutamakan. Pendidikan karakter harus menjadi prioritas dalam pendidikan formal maupun non formal, dan harus memerlukan sistem pendidikan karakter yang jelas dan terarah dari para pelaku pendidikan. Ilmu pengetahuan jika tidak diimbangi dengan adab dan akhlak yang baik, maka akan menghasilkan perilaku yang angkuh dan salah arah. Saat ini banyak sekali generasi muda yang mengalami degradasi moral. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Kepemimpinan dalam Pengembangan Program Character Building Santri di Madrasah Diniyah Al-Huda Karangrejo Kawedanan Magetan”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Kepala Madrasah Diniyah dalam pengembangan program character building santri di Madrasah Diniyah Al-Huda Karangrejo Kawedanan Magetan, gaya Kepala Madrasah Diniyah dalam pengembangan program character building santri di Madrasah Diniyah Al-Huda Karangrejo Kawedanan Magetan, dan hasil kepemimpinan dalam pengembangan program character building santri di Madrasah Diniyah Al-Huda Karangrejo Kawedanan Magetan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis (phenomenology approarch) yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, sedangkan informannya adalah kepala madrasah, ustadzah, dan wali santri.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa (1) Strategi kepemimpinan Kepala Madrasah Diniyah Al-Huda Karangrejo Kawedanan Magetan dalam program character building dengan mendidik secara langsung memberikan contoh kepada santri tentang perilaku terpuji dan sopan santun. Dari sejak awal perekrutan ustadz-ustadzah, Kepala Madrasah benar-benar memperhitungkan sumber daya dengan memilah para tenaga pendidik dengan akhlak yang baik, sehingga dalam aspek kelembagaan program character building ini dapat terealisasikan dengan baik. (2) Gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Diniyah Al-Huda Karangrejo Kawedanan Magetan dalam program pengembangan program character building pada santri, yakni menggunankan gaya partisipasif, gaya persuasif, gaya represif, gaya motivatif, gaya edukatif, serta gaya inovatif. (3) Hasil dari kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pengembangan program character building adalah santri memiliki akhlak yang baik serta sopan santun santri terhadap yang lebih tua juga bertambah baik. Ustadz-ustadzah juga merasakan hasil dari program ini, yakni perilaku mereka menjadi lebih terkontrol karena dalam keseharian di madrasah dituntut untuk berperilaku sempurna, sehingga hasil dari kepemimpinan madrasah bisa dirasakan bukan hanya santri saja melainkan juga para ustadz-ustadzah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:30
Last Modified: 23 Jun 2022 03:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19840

Actions (login required)

View Item View Item